Pengaruh latihan passing berpasangan dan latihan passing bentuk permainan terhadap peningkatan kemampuan passing sepakbola siswa Sekolah Sepakbola Krida Putra Nganjuk usia 10-12 tahun / Adi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh latihan passing berpasangan dan latihan passing bentuk permainan terhadap peningkatan kemampuan passing sepakbola siswa Sekolah Sepakbola Krida Putra Nganjuk usia 10-12 tahun / Adi

Adi (2019) Pengaruh latihan passing berpasangan dan latihan passing bentuk permainan terhadap peningkatan kemampuan passing sepakbola siswa Sekolah Sepakbola Krida Putra Nganjuk usia 10-12 tahun / Adi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Adi. 2018. Pengaruh Latihan Passing Berpasangan dan Latihan Passing Bentuk Permainan Terhadap Peningkatan Kemampuan Passing Sepakbola Siswa Sekolah Sepakbola Krida Putra Nganjuk Usia 10 - 12 Tahun. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Siti Nurrochmah M.Kes. Kata Kunci passing berpasangan permainan dan sepakbola. Dalam latihan di sekolah sepakbola Krida Putra Nganjuk usia 10-12 tahun teknik dasar passing masih banyak mengalami kesalahan karena anak masih cenderung senang bermain bentuk latihan yang kurang kreatif dan inovatif menjadikan salah satu faktor anak sering salah melakukan passing dalam bermain sepakbola. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh latihan passing berpasangan dan bentuk permainan terhadap peningkatan kemampuan passing sepakbola siswa sekolah sepakbola Krida Putra Nganjuk usia 10 - 12 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen bentuk desain randomized control group pretest-posstest. Populasi penelitian ini adalah siswa sekolah sepakbola Krida Putra Nganjuk usia 10 - 12 tahun pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik systematic proportional random sampling dengan persentase 90% dari 24 siswa. Pembagian kelompok yang dilibatkan dalam penelitian ini terdiri dari dua kelompok yaitu kelompok passing berpasangan dan bentuk permainan. Instrumen yang digunakan adalah tes mengoper bola rendah yang disusun oleh Irianto (1995 9) dengan validitas 0 812 dan reliabilitas sebesar 0 856. Analisis data menggunakan uji t dengan taraf signifikan 0 05. Hasil penelitian menunjukkan thitung ttabel berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan latihan passing berpasangan dan bentuk permainan terhadap peningkatan kemampuan passing sepakbola siswa sekolah sepakbola Krida Putra Nganjuk usia 10 - 12 tahun. Hasil analisis varian satu jalur (one way anova) sebesar Fhitung 5 357 Ftabel 0 05 4 414 artinya kemampuan passing sepakbola terdapat peningkatan dan uji lebih lanjut LSD sebesar X 773 1 vs X 773 2 1 0 LSD 945 0 05 0 1887 artinya terdapat perbedaan yang signifikan. Pada kelompok latihan passing berpasangan terdapat peningkatan hasil tes passing bola rendah sebesar 4 dan pada kelompok latihan passing bentuk permainan terdapat peningkatan hasil tes passing bola rendah sebesar 3. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan pengaruh yang signifikan latihan passing berpasangan dan latihan passing bentuk permainan terhadap peningkatan kemampuan passing sepakbola siswa sekolah sepakbola Krida Putra Nganjuk usia 10 - 12 tahun. Saran bagi calon peneliti lainnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian serupa dengan variabel dan subjek berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2019 04:29
Last Modified: 15 Dec 2022 01:17
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50685

Actions (login required)

View Item View Item