Peningkatan keterampilan smash kedeng menggunakan metode drill bervariasi bagi peserta ekstrakurikuler sepaktakraw di SMPN 6 Malang / Suryadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan smash kedeng menggunakan metode drill bervariasi bagi peserta ekstrakurikuler sepaktakraw di SMPN 6 Malang / Suryadi

Suryadi (2019) Peningkatan keterampilan smash kedeng menggunakan metode drill bervariasi bagi peserta ekstrakurikuler sepaktakraw di SMPN 6 Malang / Suryadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Suryadi. 2018. Peningkatan Keterampilan Smash Kedeng dengan Metode Drill Bervariasi bagi Peserta Ekstrakurikuler Sepaktakraw di SMPN 6 Malang Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Mulyani Surendra M.S. (II) Drs. H. Sugiyanto M.Pd. Kata Kunci metode drill teknik dasar Sepak takraw ekstrakurikuler. Sepak takraw adalah jenis olahraga campuran dari sepakbola dan bolavoli yang dimainkan di lapangan bulutangkis serta pemain tidak boleh menyentuh bola dengan gerak atas. Permainan sepaktakraw merupakan salah satu jenis permainan yang memuat berbagai bentuk keterampilan gerak yang tidak bisa dicapai dengan mudah. Berdasarkan hasil observasi awal diperoleh hasil bahwa tingkat keberhasilan penguasaan teknik dasar smash kedeng sepaktakraw di SMPN 6 Malang masih belum baik masih ditemukan beberapa kesalahan dalam smash kedeng pada indikator awalan 60% peserta sudah melakukan gerakan awalan dengan benar dan 40% peserta masih melakukan kesalahan. Tumpuan kaki 40% peserta sudah melakukan gerakan tumpuan kaki dengan benar dan 60% peserta masih melakukan kesalahan. Posisi badan dan pandangan bola 35% peserta sudah melakukan gerakan posisi badan dan pandangan bola dengan benar dan 65% peserta masih melakukan kesalahan. Posisi tangan 50% peserta sudah melakukan gerakan tangan dengan benar dan 50% peserta masih melakukan kesalahan. Posisi engkel 60% peserta sudah melakukan gerakan posisi engkel dengan benar dan 40% peserta masih melakukan kesalahan. Hasil sepakan 50% peserta sudah melakukan gerakan hasil sepakan dengan benar dan 50% peserta masih melakukan kesalahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan teknik dasar smash kedeng sepaktakraw menggunakan metode drill bervariasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan olahraga dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 20 peserta ekstrakurikuler sepaktakraw di SMPN 6 Malang. Penelitian tindakan olahraga ini dilakukan melalui tiga siklus di mana tiap siklus terdiri dari beberapa tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan (4) refleksi dan siklus 3 yaitu 2 kali pertemuan. Hasil penelitian berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa setelah diberikan tindakan dari siklus 1 siklus 2 dan siklus 3 hasil pada tiap-tiap indikator sudah terjadi peningkatan dari indikator awalan 90% tumpuan kaki 85% posisi badan dan pandangan bola 85% posisi tangan 90% posisi engkel 87 5% hasil sepakan 82 5%. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah bahwa metode drill bervariasi dapat meningkatkan keterampilan teknik dasar smash kedeng dalam permainan sepaktakraw pada peserta ekstrakurikuler sepaktakraw di SMPN 6 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50594

Actions (login required)

View Item View Item