Pengembangan pembelajaran teknik dasar passing dan control sepakbola usia 9-12 tahun di Sekolah Sepakbola Unibraw 82 Kota Malang / Dona Kurniawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan pembelajaran teknik dasar passing dan control sepakbola usia 9-12 tahun di Sekolah Sepakbola Unibraw 82 Kota Malang / Dona Kurniawan

Kurniawan, Dona (2018) Pengembangan pembelajaran teknik dasar passing dan control sepakbola usia 9-12 tahun di Sekolah Sepakbola Unibraw 82 Kota Malang / Dona Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kurniawan Dona. 2017. Pengembangan Pembelajaran Teknik Dasar Passing dan Control Sepakbola Usia 9 12 Tahun di Sekolah Sepakbola Unibraw 82 Kota Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Eko Hariyanto M.Pd. (II) Fahrial Amiq S.Or. M.Pd. Kata Kunci Pengembangan pembelajaran teknik dasar passing control sepakbola. Passing adalah salah satu teknik dasar sepakbola yang bertujuan mengumpan bola dari satu tempat ke tempat lain. Control adalah salah satu teknik dasar sepakbola yang bertujuan untuk menghentikan bola saat menerima bola dari teman atau bola yang didapat dari lawan secara sengaja atau tidak. Penguasaan teknik dasar memang harus mutlak dikuasai oleh setiap pemain sepakbola agar dapat menciptakan rangkaian serangan atau pertahanan yang baik. Berdasarkan hasil observasi dapat disimpulkan bahwa siswa Sekolah Sepakbola Unibraw 82 usia 9-12 tahun Kota Malang membutuhkan pembelajaran teknik dasar passing dan control yang bervariasi sehingga peneliti terdorong untuk melakukan penelitian dan pengembangan pembelajaran teknik dasar passing dan control sepakbola. Tujuan penelitian adalah mengembangkan pembelajaran teknik dasar passing dan control sepakbola di Sekolah Sepakbola Unibraw 82 usia 9-12 tahun Kota Malang. Model pengembangan yang digunakan di dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan dari Borg dan Gall namun peneliti hanya mengambil 7 dari 10 langkah. 7 langkah tersebut antara lain analisis kebutuhan mengembangkan produk evaluasi ahli uji coba kelompok kecil uji lapangan (kelompok besar) revisi produk akhir dengan menghasilkan produk akhir. Subjek uji coba terdiri dari (1) Tinjauan 3 ahli yaitu ahli sepakbola ahli media dan ahli pembelajaran (2) Uji coba kelompok kecil (3) Uji coba kelompok besar. Hasil evaluasi dengan persentase dari ahli sepakbola menyatakan 83% memenuhi kriteria valid (80%-100%) sehingga produk ini dapat digunakan dari ahli media menyatakan 74% memenuhi kriteria cukup valid (60%-100%) sehingga produk ini dapat digunakan ahli pembelajaran menyatakan 81% memenuhi kriteria valid (80%-100%) sehingga produk ini dapat digunakan. Kemudian dari hasil uji coba kelompok kecil mendapat 84 8% memenuhi kriteria valid (80%-100%) sehingga produk ini dapat digunakan sedangkan uji coba lapangan/kelompok besar mendapat 85 7% memenuhi kriteria valid (80%-100%) sehingga produk ini dapat digunakan. Berdasarkan hasil evaluasi ahli dan hasil uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar dapat disimpulkan bahwa buku panduan pembelajaran teknik dasar passing dan control dapat digunakan dalam pembelajaran teknik dasar di Sekolah Sepakbola Unibraw 82 usia 9-12 tahun Kota Malang. Buku panduan pembelajaran teknik dasar ini dapat dipelajari sebelum melakukan pembelajaran teknik dasar passing dan control agar ketika di lapangan tidak terjadi kesalahan dalam melakukan pembelajaran passing dan control.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50491

Actions (login required)

View Item View Item