Permana, Anggara Rian (2017) Survei motivasi siswa dalam pembelajaran PJOK kelas IX menggunakan kurikulum 2013 di SMP Negeri 9 Malang / Anggara Rian Permana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Permana Anggara Rian. 2017. Survei Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran PJOK Kelas IX Menggunakan Kurikulum 2013 Di SMP Negeri 9 Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Sri Purnami S. Pd M. Pd. (II) Gema Fitriady S. Pd. M. Pd. Kata Kunci Motivasi Belajar Dalam lingkup pendidikan di Indonesia khususnya daerah malang terdapat banyak unsur yang dapat menunjang berkembangnya pendidikan guna mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan. Salah satu unsur tersebut adalah motivasi. Motivasi meruapakan kekuatan terpenting yang membimbing tindakan siswa dan penting bagi pertumbuhan anak apalagi pada masa pertumbuhan seperti anak SMP yang mulai memiliki tujuan tertentu. Motivasi tersebut dapat berupa intrinsik maupun ekstrinsik. Maka telah dilakukan survei dengan judul Survei Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran PJOK Kelas IX Menggunakan Kurikulum 2013 Di SMP Negeri 9 Malang . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi intrinsik dan ekstrinsik pada siswa pada saat pembelajaran PJOK menggunakan kurikulum 2013. Rancangan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif dan kuantitatif. Populasi sebanyak 258 siswa dan sampel diambil 130 siswa dengan menggunakan teknik proporsional random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket. Hasil penelitian diperoleh dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini diperoleh (71 54%) dikategorikan banyak siswa memiliki motivasi intrinsik dalam mengikuti pembelajaran PJOK menggunakan kurikulum 2013 dan diperoleh (72 31%) dikategorikan banyak siswa memiliki motivasi ekstrinsik dalam mengikuti pembelajaran PJOK menggunakan kurikulum 2013. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa motivasi ekstrinsik lebih dominan dibandingkan motivasi intrinsik. Sehingga saran bagi guru jika ingin menumbuhkan minat siswa dalam belajar harus melalui aktivitas yang mengandung unsur motivasi ekstrinsik. Bagi peneliti selanjutnya agar dapat mengembangkan bentuk penelitian lain dengan variabel yang berbeda dengan subjek penelitian yang lebih luas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Aug 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/50401 |
Actions (login required)
View Item |