Setyawan, Fajar (2017) Pengaruh pembelajaran drill ball feeling terhadap hasil belajar keterampilan dribbling sepakbola pada siswa Sekolah Sepakbola (SSB) Gajah mada usia 12-14 tahun Kota Blitar / Fajar Setyawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Setyawan Fajar. 2016. Pengaruh Pembelajaran Drill Ball Feeling terhadap Hasil Belajar Keterampilan Dribbling Sepakbola Siswa Sekolah Sepakbola Gajah Mada Usia 12-14 Tahun Kota Blitar. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hariyoko M.Pd (II) Dr. Eko Hariyanto M.Pd. Kata Kunci pembelajaran drill ball feeling dribbling sepakbola siswa sekolah sepakbola Sepakbola merupakan permainan beregu yang dimainkan oleh dua tim di lapangan. Salah satu teknik yang harus dikuasai dalam permainan sepakbola adalah teknik menggiring bola (dribbling). Siswa Sekolah Sepakbola Gajah Mada memiliki permasalahan dalam menggiring bola yaitu kecepatan dribbling siswa masih tergolong lambat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran drill ball feeling terhadap hasil belajar keterampilan dribbling sepakbola siswa Sekolah Sepakbola Gajah Mada. Rancangan penelitian yang dipakai adalah penelitian eksperimen. Sampel penelitian ini adalah 24 siswa Sekolah Sepakbola Gajah Mada. Kemudian sampel penelitian ini dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen pembelajaran drill ball feeling berjumlah 12 siswa dan kelompok pembelajaran komando berjumlah 12 siswa. Analisis data dari penelitian ini yaitu berupa teknik analisis varians satu jalur. Dari hasil analisis data diperoleh tiga simpulan hasil penelitian. Pertama pembelajaran drill ball feeling memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar dribbling siswa Sekolah Sepakbola Gajah Mada (F hitung 16 43 F tabel 4 30). Kedua pembelajaran komando tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar dribbling siswa Sekolah Sepakbola Gajah Mada (F hitung 0 60 F tabel 4 30). Ketiga ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara pembelajaran drill ball feeling dengan pembelajaran komando terhadap hasil belajar dribbling siswa Sekolah Sepakbola Gajah Mada (F hitung 23 38 F tabel 4 30). Saran yang dapat diberikan kepada pelatih Sekolah Sepakbola Gajah Mada sebaiknya menggunakan pembelajaran drill ball feeling sebagai bentuk pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar dribbling karena perolehan hasil penelitian yang telah dilakukan ternyata pembelajaran drill ball feeling memberikan pengaruh yang lebih baik daripada pembelajaran komando terhadap hasil belajar dribbling siswa Sekolah Sepakbola Gajah Mada.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Apr 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/50357 |
Actions (login required)
View Item |