Prananta, Parengga Dewa (2017) Perbedaan pengaruh metode pembelajaran part-whole dan whole-part terhadap hasil belajar keterampilan renang gaya crawl pada siswa SMK Negeri 2 Malang / Parengga Dewa Prananta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Prananta D.Parengga. 2016.PerbedaanPengaruh MetodePembelajaranPart-WholedanWhole-Part terhadap Hasil BelajarKeterampilanRenang Gaya CrawlPadaSiswa Sekolah Menengah KejuruanNegeri 2 Malang. Skripsi JurusanPendidikanJasmanidanKesehatan FakultasIlmuKeolahragaan UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Asim M.Pd (II) Febrita P. Heynoek S.Pd M.Pd. Kata Kunci Metodepart-whole metodewhole-part keterampilan renang gaya crawl. Renanggayacrawladalahgambarandarigayaberenang yang paling cepatdansebagaidasarketerampilan yang akandinilaidariseorangperenang. Dari pembelajaran renang gaya crawl terdapat komponen-komponen kegiatan yang bersifat sederhana dan kompleks. Oleh karena itu metode yang sesuai untuk digunakan dalam pembelajaran renang gaya crawl yaitu metode part dan whole. Tujuan dari penelitian ini adalahuntuk mengetahui pengaruh metode part-wholedan metode whole-part terhadap hasil belajar keterampilanrenang gaya crawlsiswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Kota Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimendengan desain two groups matching pretest-posttest comparison. Variabelbebas yang dimanipulasikandalampenelitianiniadalahmetodepart-wholedanmetode whole-partterhadap hasil belajar keterampilan renang gaya crawl. Subjek penelitian dilakukan terhadap 28 siswa dengan membagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimenmetodepart-wholeberjumlah 14siswa dan kelompok eksperimenmetode whole-partberjumlah 14siswa. Analisis data dari penelitian ini yaitu menggunakan teknik analisis varians satu jalur anava. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh tiga simpulan yaitu (1)metodepart-wholememberikan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilanrenang gaya crawlsiswaSekolah Menengah Kejuruan Negeri 2Kota Malang (F hitung 4 25 F tabel 4 23) (2)metode whole-parttidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilanrenang gaya crawlsiswaSekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 KotaMalang (F hitung 2 84 F tabel 4 23). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkanbahwametodepart-wholememberikan pengaruh yang lebih baik daripada metode whole-partterhadap keterampilanrenang gaya crawldi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Kota Malang.Saran yang dapat diberikan kepada guru Pendidikan Jasmani Sekolah Menengah KejuruanNegeri 2 Kota Malang hendaknya menggunakan metodepart-wholekarenaterbuktimemberikanpengaruhyang lebih baikterhadapketerampilanrenang gaya crawl.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/50329 |
Actions (login required)
View Item |