Upaya meningkatkan pembelajaran pukulan forehand lob bulutangkis dengan menggunakan part and whole method pada peserta didik kelas VIII E SMPN 1 Winongan, Kabupaten Pasuruan / Ahmad Hasan Walinono - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya meningkatkan pembelajaran pukulan forehand lob bulutangkis dengan menggunakan part and whole method pada peserta didik kelas VIII E SMPN 1 Winongan, Kabupaten Pasuruan / Ahmad Hasan Walinono

Walinono, Ahmad Hasan (2016) Upaya meningkatkan pembelajaran pukulan forehand lob bulutangkis dengan menggunakan part and whole method pada peserta didik kelas VIII E SMPN 1 Winongan, Kabupaten Pasuruan / Ahmad Hasan Walinono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hasan Ahmad. 2015. Upayameningkatkanpembelajaranpukulanforehand lobbulutangkisdenganmenggunakanpart and whole methodpadapesertadidikkelas VIII E SMPN 1 Winongan KabupatenPasuruan Skripsi JurusanPendidikanJasmanidanKesehatan FakultasIlmuKeolahragaan UniversitasNegeri Malang Pembimbing (I) Dr. EkoHariyanto M.Pd (II) FahrialAmiq S.Or M.Pd. Kata Kunci bulutangkis forehand lob part and whole method. Sehubungandenganhasilobservasi yang dilakukanpadatanggal 14 Agustus 2014 di kelasVIII E SMP Negeri 1 Winongan KabupatenPasuruan penelitimenemukanbahwatingkatketerampilanpukulanforehand lob pesertadidikmasihcukuprendah. Hal inidikarenakanpenerapanmetodepembelajaran yang digunakanpendidikkurangefektifsehinggadiperolehhasil yang kurangmaksimal. Penelitianinidirancanguntukmeningkatkanpembelajaranbulutangkispadapukulanforehand lob. Setelahmempelajaribeberapareferensi penelitimemutuskanuntukmenggunakanmetodepart and whole. sehingga tujuanpenelitianiniadalahuntukmeningkatkanketerampilanpukulanforehand lob bulutangkispadapesertadidikkelas VIII E SMP Negeri 1 WinonganKabupatenPasuruandenganmenggunakanpart and whole method. PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas (PTK) yang dilakukanselama 2 siklus. Masing-masingsiklusterdiridari 3 kali pertemuan. Terdapat 4 tahapanpadamasing-masingsiklus diantaranyaadalah 1) perencanaan 2) penerapan 3) pengamatandan 4) refleksi. Subjekpadapenelitianiniadalahpesertadidikkelas VIII E SMPN 1 Winongan KabupatenPasuruantahunajaran 2014/2015. Terdapat 37 peertadidik yang terdiridari 30 pesertadidiklaki-lakidan 7 pesertadidikperempuan. Instrumenpenelitian yang digunakandalammengumpulkan data adalahcatatanlapangandanlembarpengamatan. Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwaterdapatpeningkatanpadaketerampilanpesertadidikdalammelakukanpukulanforehand lob bulutangkis terlihatpadapersentasekeberhasilanpesertadidikmelakukanpukulanforehand lobbulutangkisadalahsebagaiberikut terdapat 34 (91 8%) pesertadidikmampumempraktikkandenganbenarpadaaspekpeganganraket 32 (86 4%) pesertadidikmampumempraktikkandenganbenarpadaaspeksikapsiap 33 (89 1%) pesertadidikmampumempraktikkandenganbenarpadaaspeksikaplengan 32 (86 4%) pesertadidikmampumempraktikkandenganbenarpadaaspeksikap kaki dan 31 (83 7%) pesertadidikmampumempraktikkandenganbenarpadaaspekarahshuttlecock. Berdasarkanhasilpenelitiantersebut penelitimenyarankankepadapendidikuntukmenggunakanmetode part and wholesebagaimetodepembelajaranalternatifgunameningkatkanpukulanforehand lob bulutangkis. Hasilpenelitianinijugadapatdijadikanrujukandalampenelitiandengantopik yang sama yang akandilakukan di kemudianhari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50265

Actions (login required)

View Item View Item