Riantiarno, Ivan Tegar (2015) Pengembangan model pembelajaran teknik dasar passing dalam bolabasket dengan menggunakan metode permainan tradisional di SMA Negeri 1 Singosari Kabupaten Malang / Ivan Tegar Riantiarno. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Riantiarno Tegar. 2015. Pengembangan Model Pembelajaran Teknik Dasar (Passing) dalam Bolabasket dengan Menggunakan Metode Permainan Tradisional di SMA Negeri 1 Singosari Kabupaten Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Oni Bagus Januarto M.Kes (II). Usman Wahyudi S.Pd M.Pd Kata kunci Pembelajaran Mengumpan (Passing)Bolabasket Permainan Tradisional. Teknik dasar passing sangat penting bagi olahraga bolabasket. Dalam pembelajaran teknik dasar mengumpan yang benar dinilai dapat meningkatkan nilai dan kemampuan siswa. Dari observasi yang dilakukan pada 1 orang guru dan 36 siswa didapati siswa yang kurang mampu untuk melakukan umpan dengan benar. Maka dari itu perlu adanya variasi model pembelajaranpassing dengan metode permainan tradisional untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam melakukan umpan dan menambah kesenangan siswa melakukan kegiatan olahraga. Tujuan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan sebuah produk berupa buku panduan yang berisi model pembelajaran teknik dasar passing dengan metode permainan tradisionaluntuk siswa kelas XII di SMA Negeri 1 Singosari Kabupaten Malang serta membantu menambah variasi pembelajaran yang diberikan kepada siswa SMA Negeri 1 Singosari Kabupaten Malang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan (research and development). Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan research and development Borg and Gall. Dalam penelitian pengembangan ini teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif berupa persentase yang digunakan untuk menganalisis hasil pengumpulan datadari penelitian awal (analisis kebutuhan) evaluasi ahli uji coba kelompok kecil menggunakan 8 atlet dan kelompok besar menggunakan 32 atlet. Hasil penilaian atau evaluasi terhadap model latihan ini yaitu ahli pembelajaran didapatkan persentase 94 64% dari ahli bolabasket didapatkan persentase 76 78% dan dari ahli media didapatkan persentase 81 66%. Dari hasil uji coba kelompok kecil didapatkan rata-rata persentase 89 71% dan hasil dari uji coba lapangan (kelompok besar) didapatkan rata-rata persentase 90 95%. Sehingga model pembelajaran passing dengan metode permainan tradisional ini memenuhi syarat kelayakan untuk digunakan pada pembelajaran olahraga di SMA Negeri 1 Singosari Kabupaten Malang. Diharapkan hasil pengembangan ini dapat diuji cobakan pada kelompok yang lebih luas dan disosialisasikan sehingga dapat digunakan sebagaimana mestinya. Selain itu diharapkan ada penelitian selanjutnya untuk menguji tingkat efektifitas produk yang dikembangkan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Aug 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/50156 |
Actions (login required)
View Item |