Pengembangan buku saku sebagai media pembelajaran peraturan bolabasket untuk pelatih SMP/SMA se-kota Malang / Nurudin Syahrul Ain - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku saku sebagai media pembelajaran peraturan bolabasket untuk pelatih SMP/SMA se-kota Malang / Nurudin Syahrul Ain

Ain, Nurudin Syahrul (2014) Pengembangan buku saku sebagai media pembelajaran peraturan bolabasket untuk pelatih SMP/SMA se-kota Malang / Nurudin Syahrul Ain. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ain Nurudin Syahrul. 2014. Pengembangan Buku Saku sebagai Media Pembelajaran Peraturan Pertandingan Bolabasket untuk Pelatih SMP/SMA se-Kota Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Oni Bagus Januarto M.Kes. (II) Dr. Saichudin M.Kes. Kata Kunci Pengembangan media pembelajaran buku saku peraturan pertandingan bolabasket. 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Seorang pelatih dituntut mampu mejalani profesinya secara profesional yakni melengkapi dirinya dengan seperangkat kompetensi pendukung yang penting diantaranya adalah kemampuan untuk mentransfer pengetahuan kecabang olahragaannya kepada atlet secara lengkap baik dari segi teknik taktik maupun mental. Keseluruhan aspek tersebut tidak dapat diberikan kepada atlet secara maksimal sebelum pelatih memahami peraturan permainan cabang olahraga tersebut. Berdasarkan analisis kebutuhan diperoleh hasil bahwa buku kecil atau buku saku penuh warna yang berisi peraturan bola basket adalah media yang paling efektif dan dapat membantu dalam proses belajar tentang peraturan bolabasket. 12288 12288 12288 12288 Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran buku saku sebagai media pembelajaran peraturan bolabasket untuk pelatih SMP/SMA se-Kota Malang yang diharapkan dapat membantu pelatih dalam memahami tentang peraturan permainan. 12288 12288 12288 12288 Peneliti menggunakan 7 langkah yang disesuaikan dengan karakteristik yang akan diteliti dan sesuai dengan kondisi berdasarkan 10 langkah penelitian dan pengembangan yang dikemukakan Borg dan Gall yaitu (1) Melakukan analisis kebutuhan (need assesment) untuk memperoleh informasi awal dengan cara menyebar kuesioner yang ditujukan kepada 22 pelatih bolabasket SMP/SMA se-Kota Malang (2) Melakukan perencanaan pengembangan (3) Pengembangan produk (4) Persiapan uji coba kelompok kecil menggunakan 6 subjek (5) Revisi produk pertama (berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil) (6) Uji coba kelompok besar menggunakan 16 subjek (7) Revisi produk (berdasarkan hasil uji coba kelompok besar). 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil analisis data uji coba kelompok kecil diperoleh rata-rata persentase 84 6% dan pada uji coba kelompok besar diperoleh rata-rata persentase 92 9%. Hasil produk yang telah direvisi yaitu berupa buku saku peraturan bolabasket disertai dengan tips mini coaching dengan ukuran buku 10 5 cm x 14 8 cm yang dicetak pada kertas HVS 80 gram. 12288 12288 12288 12288 Diharapkan produk hasil pengembangan ini dapat diujicobakan kepada subjek yang lebih luas dan dapat digunakan oleh semua pelatih terutama pelatih baru sebagai media pembelajaran peraturan bolabasket. Selain itu diharapkan pada penelitian selanjutnya untuk menguji tingkat keefektifan produk yang telah dikembangkan. 12288 12288 12288 12288

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50056

Actions (login required)

View Item View Item