Evaluasi program pembelajaran pendidikan jasmani kelas VIII semester gasal tahun ajaran 2012/2013 di SMP Negeri Kota Malang dengan pendekatan evaluasi model CIPP / Setiya Yunus Saputra - Repositori Universitas Negeri Malang

Evaluasi program pembelajaran pendidikan jasmani kelas VIII semester gasal tahun ajaran 2012/2013 di SMP Negeri Kota Malang dengan pendekatan evaluasi model CIPP / Setiya Yunus Saputra

Saputra, Setiya Yunus (2013) Evaluasi program pembelajaran pendidikan jasmani kelas VIII semester gasal tahun ajaran 2012/2013 di SMP Negeri Kota Malang dengan pendekatan evaluasi model CIPP / Setiya Yunus Saputra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci evaluasi pembelajaran pendidikanjasmani CIPP. Berdasarkanhasilwawancara yang dilakukan di salahsatusekolahfavoritdanmenyandangsebagaisalahsatusekolahterbaikdanmantandarisekolahRintisanSekolahBerbasisInternasional (RSBI) bahwamatapelajaranpendidikanjasmaniseakanhanyapelengkapsehinggamatapelajaranpendidikanjasmaniseringdipandangsebelahmata selainitusiswacenderungdituntutuntukmengejarnilaidalammatapelajaran yang menjadikeunggulan RSBIdisampingjugamatapelajaran lain. Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmengevaluasi program pembelajaranpendidikanjasmanimenggunakan model evaluasiContext Input Process Product (CIPP)sertamenghasilkanrekomendasibagi para pengambilkeputusanuntukmenindaklanjuti program pembelajaranpendidikanjasmaniyang telahberjalan. Penelitianevaluasiinimenggunakankombinasianalisis data kualitatifdankuantitatifteknikanalisisstatistikdeskriptifdenganpersentase. Teknikinidigunakanuntukmenganalisis data yang diperolehdarihasilpenyebaranangket danmenggunakan model yang dikembangkanolehStufflebeam (1967) yakni (1) context (2) input (3) process dan(4)productatau yang disebutdengan CIPP. Hasilpenelitian yang dilakukanmenyatakanuntukvariabelcontext di SMP Negeri 3 SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 5 secaraberturut-turutdiperolehhasil78 5% yang berartibaik 76% yang berartibaikdan 74 8% yang berartibaik. Padavariabelinput diperolehhasilsecaraberturut turutuntuk SMP Negeri 3 memperoleh 92% yang berartibaiksekali SMP Negeri 1 memperoleh 93% yang berartibaiksekali dan SMP Negeri 5 memperoleh 92% berartibaiksekali.Untukvariabelprocessdiperolehhasilsecaraberturut-turut 90% 88 7% dan 90% ketigapersentassetersebuttermasukdalamkriteriabaiksekali. Kemudianpadavariabelproduct diperolehhasilsecaraberturut-turut 93 7% 93 7% dan 81 2% ketigahasiltersebutdalamkriteriabaiksekali. Hasilpersentasevariabelkeseluruhansecaraberturut-turut SMP Negeri 3 adalah 78 5% SMP Negeri 1 mendapat 79 6% dan SMP Negeri 5 mendapat 77 2% yang kesemuanyaberpredikatbaik. Berdasarkandata tersebut makahasilevaluasisecarakeseluruhanvariabel CIPP program pembelajaranpendidikan di SMP Negeri 3beradapadakriteriabaik SMP Negeri 1 beradapadakriteriabaikdan SMP Negeri 5 beradapadakriteriabaik. Berdasarkanhasilpenelitianevaluasi program pembelajaranpendidikanjasmanikelas VII semester gasaltahunajaran 2012/2013 di SMP Negerimakapenelitimerekomendasikanuntukmelanjutkanprogram pembelajaranyang telahada. Karenadarikeseluruhan program pembelajaran yang telahadadapatberjalandenganbaikdandalamkategoribaik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49817

Actions (login required)

View Item View Item