Upaya meningkatkan pembelajaran keterampilan teknik dasar tolak peluru gaya menyamping dengan metode permainan peluru berekor pada siswa kelas VIII H SMPN 2 Malang / Bagus Tri Kusuma Wijaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya meningkatkan pembelajaran keterampilan teknik dasar tolak peluru gaya menyamping dengan metode permainan peluru berekor pada siswa kelas VIII H SMPN 2 Malang / Bagus Tri Kusuma Wijaya

Wijaya, Bagus Tri Kusuma (2012) Upaya meningkatkan pembelajaran keterampilan teknik dasar tolak peluru gaya menyamping dengan metode permainan peluru berekor pada siswa kelas VIII H SMPN 2 Malang / Bagus Tri Kusuma Wijaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Upaya Meningkatkan Pembelajaran Keterampilan Teknik Dasar Tolak Peluru Gaya Menyamping Metode Permainan. Berdasarkan hasil observasi awal diperoleh hasil bahwa tingkat keberhasilan penguasaan keterampilan teknik dasar tolak peluru gaya menyamping kelas VIII H SMPN 2 Malang masih belum baik. Ditemukan beberapa kesalahan waktu melakukan teknik pegangan persiapan meluncur menolak akhir. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan meningkatkan keterampilan menolak pada materi teknik dasar tolak peluru gaya menyamping pada siswa kelas VIII H SMPN 2 Malang dengan menggunakan metode permainan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif hanya sebagai penunjang kebutuhan analisis data kualitatif. Pelaksanaan tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan (4) refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII H SMPN 2 Malang yang berjumlah 41 siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini pada tiap-tiap aspek sudah terjadi peningkatan dari aspek psikomotor pada teknik pegangan sebanyak 41 siswa dengan prosentase sebesar 100% benar teknik persiapan sebanyak 41 siswa dengan prosentase sebesar 100% benar teknik meluncur sebanyak 38 siswa dengan prosentase sebesar 92 7% benar teknik menolak sebanyak 37 siswa dengan prosentase sebesar 90 2% benar dan teknik akhir sebanyak 41 siswa dengan prosentase sebesar 100% benar. Peningkatan juga terjadi pada aspek kognitif dan afektif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan pemberian metode permainan terbukti dapat meningkatkan keterampilan siswa dari siklus I ke siklus II. Metode permainan yang digunakan yaitu permainan menolak melewati tali permainan menolak merobohkan tumpukan balok dan permainan menolak memasukkan ke dalam lingkaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49728

Actions (login required)

View Item View Item