Muhaimin, Nur Khoirul (2012) Upaya meningkatkan pembelajaran teknik dasar atletik lanjutan materi lempar lembing melalui penerapan metode play and games siswa kelas VIII D di SMP Negeri 13 Malang / Nur Khoirul Muhaimin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Meningkatkan Pembelajaran Teknik dasar Atletik LanjutanLempar LembingGaya Cross step Metode Play and Games Pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMP Negeri 13 Malang khususnya teknik dasar lanjutan materi lempar lembing gaya cross stepbelum sebagaimana yang di harapkan hal ini di sebabkan karena guru pendidikan jasmani belum menerapkan metode yang bervariasi terhadap proses pembelajaran. Berdasarkan observasi awal pada kelas VIII D di SMP Negeri 13 Malang diperoleh hasil bahwa penguasaan gerak pemahaman materi dan pengembangan sikap terhadap pembelajaran ternyata belum optimal sehingga perlu di tingkatkan melalui penerapan metode yang lain. Penelitian ini bertujuanuntuk meningkatkan pembelajaran teknik dasar atletik lanjutan materi lempar lembing gaya cross stepmelalui penerapan metode Play and games. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan diskriptif kualitatif. Pelaksanaan tindakan kelas ini dilakukan melalui 3 siklus 1 siklus 1 kali pertemuan dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah 37 siswa kelas VIII D di SMP Negeri 13 Malang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi (pengamatan) dan tes. Melalui penerapan metode play and gamesdiharapkan dapatmeningkatkan teknik dasar atletik lanjutan materi lempar lembing gaya crossstepdari siklus ke siklus. Hal ini bisa dilihat dari persentase keberhasilan siswa dalam melakukan lempar lembing gaya cross step setelah diberikan tindakan dari siklus Idan siklus II hasilnya keterampilan pembelajaran dari siklus I sebesar 56 09% dengan katagori kurang baik dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan skor keterampilan pembelajaran 75 21% yang tergolong dalam katagori cukup dan siklus III sebesar 82 47 yang tergolong katagori baik. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah dengan menerapkan metode play and games dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam pembelajaran teknik dasar atletik lanjutan khususnya lempar lembing gaya cross step di SMP Negeri 13Malang. Berdasarkan penelitian ini disarankan agar pada sekolah-sekolah yang lain dapat menerapkan metode play and games pada pembelajarannya sehingga proses pembelajaranya dapat menjadi lebih optimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Aug 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/49718 |
Actions (login required)
View Item |