Meningkatkan efektivitas pembelajaran guling depan dengan menggunakan metode Part-Whole pada siswa kelas V SDN Butun 1 Kabupaten Blitar / Septa Deny Kurniawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan efektivitas pembelajaran guling depan dengan menggunakan metode Part-Whole pada siswa kelas V SDN Butun 1 Kabupaten Blitar / Septa Deny Kurniawan

Kurniawan, Septa Deny (2012) Meningkatkan efektivitas pembelajaran guling depan dengan menggunakan metode Part-Whole pada siswa kelas V SDN Butun 1 Kabupaten Blitar / Septa Deny Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Efektivitas Pembelajaran guling depan metode part 61485 whole Senam lantai guling depan adalah gerakan berguling ke arah depan melalaui bagian belakang badan (tengkuk) punggung pinggang dan panggul bagian belakang. Berdasarkan observasi awal pada kelas V SDN Butun I diperoleh hasil bahwa penguasaan gerak pemahaman materi dan sikap terhadap pembelajaran ternyata tidak optimal sehingga kurang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran senam lantai guling depan siswa kelas V SDN Butun 1 yang masih mengalami kesulitan dengan menggunakan metode part 61485 whole. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan diskriptif kualitatif. Pelaksanaan tindakan kelas ini dilakukan melalui 2 siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Butun 1. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi (pengamatan) dan tes. Dengan menggunakan metode part 61485 whole terbukti mampu meningkatkan efektivitas pembelajaran siswa dari siklus ke siklus. Hal ini bisa dilihat dari persentase keberhasilan siswa dalam melakukan senam lantai guling depan setelah diberikan tindakan dari siklus I dan siklus II hasilnya efektivitas pembelajaran dari siklus I sebesar 54 94% dengan kategori kurang baik dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan skor efektivitas pembelajaran 83 96% yang tergolong dalam kategori baik. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah dengan menggunakan metode part 61485 whole dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran guling depan siswa kelas V SDN Butun 1. Berdasarkan penelitian ini disarankan menggunakan metode part 61485 whole pada pembelajaran senam lantai guling depan agar memberi kemudahan dan menjadikan siswa menguasai gerakan memahami materi menjadi disiplin dan memiliki keberanian untuk melakukan gerakan guling depan dengan benar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49682

Actions (login required)

View Item View Item