Satria, Candra Eka (2011) Pengembangan buku ajar tentang pembelajaran penjelajahan hutan sekitar sekolah pada pendidikan jasmani olah raga dan kesehatan siswa kelas VII semester 2 SMPN 04 Pujon Kabupaten Malang / Candra Eka Satria. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Pengembangan buku ajar penjelajahan pendidikan jasmani Penjelajahan hutan sekitar sekolah Salah satu materi pendidikan jasmani olah raga dan kesehatan untuk siswa Sekolah Menegah Pertama. Penjelajahan merupakan kegiatan berjalan kaki yang menempuh jarak dan medan tertentu sambil melewati berbagai rintangan baik yang bersifat alami maupun buatan. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di SMP Negeri 4 Pujon Kabupaten Malang diperoleh data sebagai berikut (1) pembelanjaran materi penjelajahan hutan sekitar sekolah sudah pernah diajarkan tetapi belum dilaksanankan sesuai dengan standart kopetensi dikarenakan guru penjas belum memiliki buku ajar tentang penjelajahan hutan sekitar sekolah (2) belum adanya buku tentang penjelajahan sebagai pegangan guru di SMPN 4 Pujon (3) SMPN 4 Pujon terletak di lereng Gunung Kawi di Desa Bendosari (4) Sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani dan peternak Sapi perah (5)mereka tinggal dan beraktifitas di kawasan hutan lindung (6) Desa Bendosari mempunyai ketinggian 1000 m diatas laut (7) Desa Bendosari terdiri dari perbukitan seluas 1075 919 Ha dan dataran 125 75 Ha dan total luas kawasan Desa bendosari adalah 1201 669 Ha. Oleh karena itu peneliti ingin mengembangkan buku ajar tentang pembelajaran penjelajahan hutan sekitar sekolah pada pendidikan jasmani dan kesehatan siswa kelas VII semester 2 SMPN 04 Pujon Kabupaten Malang. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan menghasilkan buku ajar tentang pembelajaran penjelajahan hutan sekitar sekolah pada pendidikan jasmani dan kesehatan siswa kelas VII semester 2 SMPN 04 Pujon Kabupaten Malang. Prosedur dan tahap-tahap pengembangan ini adalah sebagai berikut (1) Analisis kebutuhan. (2) Pembuatan produk awal. (3) Tinjauan ahli. (4) Uji coba produk awal (kelompok kecil). (6) Uji coba lapangan (kelompok besar). (7) Revisi produk akhir. (8) Produk akhir. Pengumpulan data untuk data evaluasi ahli berupa kuesioner/angket untuk (1) 1 ahli pembelajaran pendidikan jamani. (2) 1 ahli media. (3) 1 ahli penjelajahan huatan. Untuk mendapatkan data hasil uji coba kelompok kecil menggunakan 6 siswa kelas VII dan untuk uji coba kelompok besar menggunakan 17 siswa kelas VII. Ada dua jenis data yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari jawaban dari kuisioner uji ahli yang berupa masukan komentar kritik dan saran. Sedangkan disebut data deskriptif kuantitatif dengan dengan persentase karena data yang diperoleh dari uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar untuk mengetahui keberhasilan produk yang dikembangkan. Berdasarkan hasil analisa produk ini dapat digunakan siswa dan guru pendidikan jasmani sebagai sumber belajar. Karena telah divalidasi oleh beberapa
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Sep 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/49594 |
Actions (login required)
View Item |