Jayanto, Fajar Dwi (2011) Asesmen ranah afektif pada pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan di SMP Negeri se-Kecamatan Pare Kabupaten Kediri / Fajar Dwi Jayanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci asesmen ranah afektif Aspek afektif sangat penting dilakukan asesmen karena sangat berpengaruh terhadap perilaku siswa sehari-hari aspek afektif juga tidak kalah pentingnya dengan aspek psikomotor dan aspek kognitif. Karena aspek afektif dapat melatih sikap mental kepribadian dan budi pekerti yang luhur sehingga dalam prakteknya di masyarakat siswa dapat menerapkan sikap yang sopan dan positif dalam melakukan tindakan apapun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengkaji apakah asesmen ranah afektif dalam mata pelajaran pendidikan jasmani sudah dilaksanakan oleh guru pendidikan jasmani di SMP Negeri se-Kecamatan Pare Kabupaten Kediri sudah menggunakan standar kompetensi materi pembelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan sesuai dengan KTSP. Penelitian ini menggunakan rancangan survey penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif yang menggambarkan keadaan yang sebenarnya disertai data yang berupa angka. Penelitian ini dilakukan diseluruh SMP Negeri se- Kecamatan Pare Kabupaten Kediri yang berjumlah 4 SMP Negeri. Subyek penelitian adalah guru mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMP Negeri se-Kecamatan Pare Kabupaten Kediri yang berjumlah 10 guru. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa instrumen angket dan analisis data yang digunakan adalah teknik analisis persentase. Berikut adalah penjelasan persentase hasil asesmen ranah afektif pada pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dari 10 guru yang mengajar di 4 SMP hanya 1 guru yang melakukan asesmen ranah afektif itupun hanya aspek disiplin yang dinilai. Sedangkan persepsi guru tentang asesmen ranah afektif sangat besar nilainya yaitu aspek sportif sebanyak 77 91% disiplin sebanyak 83 43% kerjasama sebanyak 86 66% Kemudian diikuti oleh aspek tanggung jawab 82 5% percaya diri masing-masing memperoleh 78 00 % dan aspek kejujuran sebanyak 83 33%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah asesmen ranah afektif seharusnya dilakukan oleh semua guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan berdasarkan KTSP. Guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dalam melakukan asesmen hendaknya lebih memperhatikan lagi pada aspek afektif karena aspek afektif sangat berpengaruh dalam melatih kepribadian dan sikap siswa. Saran dari penelitian ini adalah Guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dalam melakukan asesmen hendaknya lebih memperhatikan lagi pada aspek afektif karena aspek afektif sangat berpengaruh dalam melatih kepribadian dan sikap siswa siswa juga perlu ditekankan pada aspek afektif supaya siswa mempunyai kepribadian dan budi luhur yang baik supaya dapat bertindak sesuai dengan peraturan yang ada di sekolah maupun kehidupan sehari-hari di masyarakat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Jul 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/49560 |
Actions (login required)
View Item |