Pengembangan model latihan kaki gaya dada cabang olahraga renang pada kegiatan ekstrakurikuler SMP Muhammadiyah 8 Batu - Kabupaten Malang / Arfian Novie Syaputra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model latihan kaki gaya dada cabang olahraga renang pada kegiatan ekstrakurikuler SMP Muhammadiyah 8 Batu - Kabupaten Malang / Arfian Novie Syaputra

Syaputra, Arfian Novie (2011) Pengembangan model latihan kaki gaya dada cabang olahraga renang pada kegiatan ekstrakurikuler SMP Muhammadiyah 8 Batu - Kabupaten Malang / Arfian Novie Syaputra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pengembangan renang latihan kaki gaya dada Sekolah Menengah Pertama Renang adalah suatu olahraga yang dilakukan di air dengan cara menggerakkan anggota badan mengapung di air dan seluruh anggota badan bergerak dengan bebas. Cabang olahraga renang diberikan sebagai salah satu materi yang diajarkan pada kegiatan ekstrakurikuler di SMP Muhammadiyah 8 Batu. Kegiatan ekstrakurikuler renang diberikan sebagai atas dasar pertimbangan tingginya minat siswa pada cabang olahraga ini selain itu sarana dan prasarana yang cukup terjangkau dari sekolah menjadi faktor pendukung dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler renang. Salah satu faktor penghambat dalam pemberian materi tekhnik renang gaya dada pada siswa SMP Muhammadiyah adalah gerakan koordinasi antara lengan dan kaki. Banyak siswa yang melakukan gerakan kaki pada renang gaya dada sama dengan gerakan kaki pada gaya bebas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model latihan kaki gaya dada khususnya latihan kaki pada kegiatan ekstrakurikuler renang di SMP Muhammadiyah 8 Batu. (1)Pengembangan model latihan kaki gaya dada pada kegiatan ekstrakurikuler renang di SMP 8 Muhammadiyah Batu menggunakan model pengembangan Research Development ( R D ) dari Borg and Gall. Melakukan penelitian dan pengumpulan informasi (kajian pustaka pengamatan kelas persiapan laporan tentang pokok persoalan) (2) Melakukan perencanaan (pendefinisian keterampilan perumusan tujuan penentuan urutan pengajaran dan uji coba skala kecil) (3) Mengembangkan bentuk produk awal (penyiapan materi pengajaran penyusunan buku pegangan dan perlengkapan evaluasi) (4) Melakukan uji lapangan permulaan (dilakukan pada 2-3 sekolah menggunakan 6-12 subjek) (5) Melakukan revisi terhadap produk utama (sesuai dengan saran-saran dari hasil uji lapangan permulaan) (6) Melakukan uji lapangan utama (dengan 5-15 sekolah dengan 30-100 subjek. (7) Melakukan revisi produk (berdasarkan saran-saran dan hasil uji coba lapangan utama). (8) Uji lapangan meliputi 10-30 sekolah dengan 40-200 subjek (9) Revisi produk akhir (10) Membuat laporan mengenai produk pada jurnal bekerja dengan penerbit yang dapat melakukan distribusi secara komersial. Lokasi penelitian ini dilakukan di SMP Muhammdiyah 8 Batu. Subjek uji coba dari pengembangan ini terdiri dari 1) tinjauan dari satu ahli pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dan dua ahli renang 2) uji coba kelompok kecil adalah siswa SMP Muhammadiyah 8 Batu yang diambil secara random sampling dengan jumlah 10 orang dan 3) uji coba lapangan adalah siswa SMP Muhammadiyah 8 Batu dengan jumlah 20 orang. Tekhnik pengumpulan data menggunakan instrumen berbentuk angket untuk evaluasi untuk ahli pembelajaran ahli renang dan siswa. Analisis data yang digunakan dalam pengembangan ini adalah persentase. Dari pengembangan dan prosedur yang dilakukan diatas diperoleh kesimpulan bahwa pengembangan model latihan kaki gaya dada pada kegiatan ekstrakurikuler renang di SMP Muhammadiyah 8 Batu dapat digunakan sebagai acuan pelatihan kegiatan ekstrakurikuler di SMP Muhammadiyah 8 Batu. Untuk perbaikan pengembangan model latihan kaki gaya dada ini disarankan agar perlu adanya tindak lanjut oleh peneliti lain yang sesuai dengan pengembangan ini dengan maksud untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan yang ada pada pengembangan ini. Sehingga hasil pengembangan ini dapat dimanfaatkan dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49526

Actions (login required)

View Item View Item