Peningkatan keterampilan passing bawah bolavoli pada siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Panggungrejo tahun ajaran 2009/2010 dengan menggunakan metode bermain / Atik Setyawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan passing bawah bolavoli pada siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Panggungrejo tahun ajaran 2009/2010 dengan menggunakan metode bermain / Atik Setyawati

Setyawati, Atik (2010) Peningkatan keterampilan passing bawah bolavoli pada siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Panggungrejo tahun ajaran 2009/2010 dengan menggunakan metode bermain / Atik Setyawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci peningkatan keterampilan passing bawah bolavoli metode bermain SMP Negeri 1 Panggungejo Sekolah sebagai lembaga pendidikan yang menyelenggarakan proses belajar mengajar memegang peranan penting dalam rangka pembentukan sikap dan pengetahuan serta budi pekerti yang dapat menunjang proses pertumbuhan serta mengembangkan potensi yang ada pada peserta didik yang lebih baik dari apa yang telah mereka dapatkan di lingkungan keluarga dan masyarakat. Pendidikan Jasmani dan kesehatan merupakan salah satu bidang studi yang menjadi muatan dalam kurikulum SMP Permainan dan olahraga merupakan salah satu ruang lingkup dari mata pelajaran Pendidikan Jasmani olahraga dan kesehatan yang terdapat di dalam standar kompetensi Sekolah Menengah Pertama Kelas VII semester Gasal. Salah satu kompetensi dasarnya yaitu permainan bolavoli pada kelas VII Semester Gasal salah satu materi pokoknya adalah passing bawah. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan bahwa dalam melakukan permainan bolavoli siswa kesulitan saat melakukan passing bawah kesulitan ini karena kesalahan pada gerakan teknik dasar passing bawah. Kesalahan yang sering terjadi yaitu pada teknik cara pegangan tangan dan perkenaan bola. Kesalahan gerakannya cenderung pada saat bola datang lengan tidak lurus dan teknik pegangan tangan yang dilakukan salah banyak siswa yang melakukan pegangan tangan dengan cara mengepalkan kedua tangannya ada juga yang satu tangannya dibuka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan passing bawah bolavoli pada siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Panggungrejo tahun ajaran 2009/2010 dengan menggunakan metode bermain. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Panggungrejo dengan jumlah subyek penelitian yaitu 39 orang siswa kelas VII F. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pada siklus pertama adalah tingkat kesalahan paling tinggi pada teknik perkenaan bola yaitu 38 46% dan untuk gerakan perkenaan bola yang sudah benar adalah 61 54% dengan kategori cukup baik kemudian naik menjadi 74 36% masih dengan kategori cukup baik yang tingkat kesalahannya adalah 25 64%. Kemudian masih ada beberapa teknik dasar passing bawah yang lain yang juga tingkat kesalahannya banyak yaitu pada arah bola 15 38% cara pegangan tangan 10 26% lengan lurus 13 89% sikap kaki 5 13%. Pada siklus 1 tingkat kesalahan yang pada umumnya terjadi pada gerakan perkenaan bola dari 38 46% menjadi 25 64% dapat diartikan gerakan yang benar adalah dari 61 54% menjadi 74 36% dan dikategorikan cukup baik meskipun dalam siklus 1 ini masih tetap dalam kategori cukup baik akan tetapi sudah mulai ada peningkatan pada teknik gerakan perkenaan bola. Pada siklus 2 tingkat kesalahan yang pada umumnya terjadi pada gerakan perkenaan bola dari 17 95% menjadi 0% dapat diartikan gerakan yang benar adalah dari 82 05% menjadi 100% dan dikategorikan baik. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa metode bermain dapat meningkatkan keterampilan passing bawah bolavoli siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Panggungrejo yang dilakukan selama enam kali tindakan. Dalam peningkatan keterampilan passing bawah atau keterampilan yang lainnya pada siswa hendaknya guru memberikan banyak variasi metode bermain yang lebih seru lebih disukai siswa dan lebih baik serta lebih efektif untuk meningkatkan keterampilan passing bawah siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49485

Actions (login required)

View Item View Item