Pengembangan model pembelajaran passing bawah dalam permainan bola voli siswa kelas VII SMPN 19 Malang / Aris Herawanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model pembelajaran passing bawah dalam permainan bola voli siswa kelas VII SMPN 19 Malang / Aris Herawanto

Herawanto, Aris (2010) Pengembangan model pembelajaran passing bawah dalam permainan bola voli siswa kelas VII SMPN 19 Malang / Aris Herawanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Herawanto Aris. 2009. Pengembangan Model Pembelajaran Passing Bawah dalam Permainan Bolavoli Kelas VII SMPN 19 Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. M.E Winarno M.Pd (II) Drs. Mulyani Surendra M.S. Kata kunci pendidikan jasmani pengembangan pembelajaran bolavoli passing bawah. Pendidikan memiliki sasaran pedagogis oleh karena itu pendidikan kurang lengkap tanpa adanya pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan karena gerak sebagai aktivitas jasmani adalah dasar bagi manusia untuk mengenal dunia dan dirinya sendiri yang secara alami berkembang searah dengan perkembangan zaman. Pendidikan jasmani adalah bagian yang terpadu dari proses pendidikan yang menyeluruh bidang dan sasaran yang diusahakan adalah perkembangan jasmaniah mental emosional dan sosial bagi warga negara yang sehat melalui medium kegiatan jasmaniah. Berdasarkan analisis kebutuhan yang dilakukan pada pembelajaran pendidikan jasmani dan siswa kelas VII SMPN 19 Malang diperoleh kesimpulan bahwa siswa merasa kesulitan belajar teknik dasar passing bawah. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMPN 19 Malang kesulitan belajar teknik dasar passing bawah bolavoli. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan pembelajaran teknik dasar passing bawah bolavoli untuk siswa kelas VII SMPN 19 Malang pengembangan model pembelajaran ini diharapkan siswa lebih mudah belajar teknik dasar passing bawah bolavoli. Model pengembangan dalam penelitian ini menggunakan Research and Development yang dikemukakan oleh Borg dan Gall yang telah dimodifikasi oleh peneliti. Prosedur penelitian pengembangan pembelajaran passing bawah ini adalah sebagai berikut (1) riset dan pengumpulan informasi dalam melakukan penelitian awal berupa analisis kebutuhan dengan cara observasi dan wawancara (2) pengembangan produk awal berupa rancangan pengembangan pembelajaran passing bawah (3) evaluasi para ahli dengan menggunakan 4 ahli dua ahli pembelajaran bolavoli dan dua ahli permainan bolavoli (4) uji coba kelompok kecil (5) revisi produk pertama (sesuai dengan hasil evaluasi dan uji coba) (6) uji coba lapangan dengan mengujicobakan hasil revisi produk pertama pada kelompok besar (7) revisi produk sesuai hasil uji coba kelompok besar (8) produk akhir. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner untuk ahli pembelajaran bolavoli ahli permainan bolavoli dan siswa kelas VII SMP Negeri 19 Malang. Dengan kualifikasi dua ahli pembelajaran pendidikan jasmani dan dua ahli permainan bolavoli sedangkan untuk siswa dilakukan uji coba (kelompok kecil) sebanyak 10 siswa dan uji lapangan (kelompok besar) sebanyak 40 siswa. Hasil penelitian model pembelajaran diperoleh data sebagai berikut ahli pembelajaran dan permainan bolavoli yaitu 87 5% (valid) dari (kelompok kecil) 90 5% (valid) dan dari uji lapangan (kelompok besar) yaitu 83 7% (valid). Kesimpulan dari penelitian pengembangan pembelajaran passing bawah dalam permainan bolavoli ini adalah model-model pengembangan pembelajaran passing bawah yang terdiri dari 3 macam permainan pada bagian pertama yaitu (1) permainan bola gelinding (2) permainan lempar bola dan (3) permainan lempar bola dan passing bawah. Sedangkan pada bagian kedua terdapat 12 macam model pembelajaran passing bawah yaitu (1) pengenalan teknik dasar passing bawah (2) pembelajaran gerak passing bawah tanpa bola (3) pembelajaran passing bawah dengan bola yang dipegang (4) pembelajaran passing bawah dengan bola yang dilempar (5) pembelajaran passing bawah dengan cara berpasangan 2 orang saling melakukan passing bawah (6) pembelajaran passing bawah dengan dengan melakukan passing bawah sendirian (7) pembelajaran passing bawah dengan arah bola segitiga (8) pembelajaran passing bawah dengan arah bola segiempat (9) pembelajaran passing bawah dengan formasi bintang (10) pembelajaran passing bawah dengan cara bola dilempar melewati net siswa berusaha melakukan passing bawah dan bola harus melewati net (11) pembelajaran passing bawah dengan cara saling melakukan passing bola harus melewati net dan (12) pembelajaran passing bawah dengan cara saling melakukan passing bola berkelanjutan harus melewati net. Bagian ketiga terdapat 9 macam gerakan pendinginan. Produk pengembangan model pembelajaran ini nantinya akan digunakan oleh siswa kelas VII SMPN 19 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Jan 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49425

Actions (login required)

View Item View Item