Arifin, Miftakhul (2010) Pengembangan model pembelajaran kebugaran jasmani menggunakan media sederhana dari bahan bambu di SMP Negeri 1 Wlingi Kabupaten Blitar / Miftakhul Arifin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Arifin Miftakhul. 2009. Pengembangan Model Pembelajaran kebugaran jasmani menggunakan media sederhana dari bahan bambu di SMP Negeri 1 Wlingi Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Heru Widijoto M. S. (2) Drs. Agus Gatot Subijantoro M. Kes. Kata kunci Pengembangan Model Pembelajaran Kebugaran Jasmani Media Sederhana Bambu. Di SMP Negeri 1 Wlingi Kabupaten Blitar aktivitas kebugaran jasmani diberikan pada pembelajaran Pendidikan Jasmani aspek pengembangan berdasarkan hasil observasi dan analisis kebutuhan Pelaksanaan pembelajarannya meliputi sit up push up back-up siswa kurang tertarik dan tidak serius dalam melaksanakannya dan belum pernah dilakukan pembelajaran menggunakan media sederhana untuk itu perlu dilakukan pengembangan model pembelajaran kebugaran jasmani menggunakan media sederhana dari bahan bambu. Aktivitas Pembelajaran Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan untuk aktivitas pengembangan berisi latihan kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya. dan meliputi latihan kelentukan kekuatan keseimbangan kecepatan kelincahan dan daya tahan. Media sederhana yang dikembangkan menggunakan bahan bambu berbentuk kipas gawang lingkaran tonggak zig-zag gelang lingkaran keseimbangan bilah jembatan dan bola. Tujuan pengembangan model pembelajaran kebugaran jasmani menggunakan media sederhana dari bahan bambu di SMP Negeri 1 Wlingi ini adalah diharapkan dengan adanya model pembelajaran aktivitas kebugaran jasmani menggunakan bambu dapat membuat siswa senang dan serius dalam mengikuti pembelajaran aktivitas kebugaran jasmani dan dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di sekolah. Dalam penelitian ini model pengembangan dari sepuluh langkah penelitian pengembangan dari Borg and Gall (1983 775) peneliti tidak menggunakan keseluruhan tetapi hanya menggunakan 7 langkah. Adapun 7 langkah yang dipilih oleh peneliti untuk pengembangan materi kebugaran jasmani menggunakan media sederhana dari bahan bambu adalah sebagai berikut 1) riset dan pengumpulan informasi dalam melakukan penelitian awal atau analisis kebutuhan (need assesment) dengan angket yang ditujukan kepada siswa dan guru pendidikan jasmani serta observasi sekolah 2) pengembangan rancangan produk 3) evaluasi para ahli dengan menggunakan 1 ahli pembelajaran pendidikan jasmani 1 ahli Kebugaran Jasmani 1 ahli media pendidikan jasmani yang menghasilkan berupa produk awal 4) revisi rancangan produk berdasarkan evaluasi para ahli (hasil rancangan produk berupa produk awal) dan uji coba lapangan pada kelompok kecil 5) revisi hasil dari uji coba lapangan pada kelompok kecil 6) uji coba lapangan pada kelompok besar 7) revisi dari hasil uji coba lapangan pada kelompok besar kemudian menjadi produk akhir berupa Model Pembelajaran kebugaran jasmani menggunakan media sederhana dari bahan bambu. Berdasarkan hasil analisa dari dua guru pendidikan jasmani SMP Negeri 1 Wlingi 80 95% menyatakan sangat menarik. Dan klasifikasi persentase antara 76 100 % tergolong dalam klasifikasi baik (dapat digunakan). Hasil analisa uji kelompok besar (uji lapangan) terhadap 36 siswa SMP Negeri 1 Wlingi 82 54% menyatakan sangat mudah untuk melakukan aktivitas kebugaran menggunakan bambu dan 89 29% sangat menyenangkan melakukan aktivitas kebugaran dari bahan bambu ini. Hasil klasifikasi persentase yaitu antara 76 100 % tergolong dalam klasifikasi baik (dapat digunakan). Produk pengembangan berupa Model pembelajaran menggunakan media sederhana dari bahan bambu memiliki 1) dapat menarik perhatian siswa untuk mau melakukan aktivitas kebugaran jasmani 2) siswa dapat melakukan aktivitas kebugaran jasmani dengan mudah dan senang 3) Guru dapat memanfaatkan sumber daya alam sekitar seperti bambu ini untuk media pembelajaran kebugaran jasmani. Produk pengembangan berupa model pembelajaran kebugaran jasmani diharapkan dapat dijadikan referensi oleh guru pendidikan jasmani dalam memberikan pelajaran aspek pengembangan materi kebugaran jasmani penggunaan media sederhana menggunakan bahan dari bambu dapat dilaksanakan oleh guru pendidikan jasmani di sekolah lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Feb 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/49424 |
Actions (login required)
View Item |