Bachri, Teguh Syaiful (2014) Pengembangan multimedia pembelajaran fisika pokok bahasan gerak edar bumi dan bulan kelas VII semester 2 SMP Laboratorium UM Kota Malang / Teguh Syaiful Bachri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Bachri Teguh Syaiful. 2014. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Fisika Pokok Bahasan Gerak Edar Bumi Dan Bulan Kelas VII Semester 2 SMP Laboratorium UM Kota Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sihkabuden M.Pd. (II) Saida Ulfa S.T. M.Edu. Ph.D. Kata Kunci Pengembangan Multimedia Fisika Gerak Edar Bumi dan Bulan. Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia pembelajaran pada mata pelajaran fisika pokok bahasan gerak edar bumi dan bulan di SMP Laboratorium UM Kota Malang. Berdasarkan hasil observasi di SMP Laboratorium UM dalam pembelajaran fisika siswa kelas VII mengalami kesulitan dalam pemahaman materi gerak edar bumi dan bulan. Hal ini dikarenakan kurangnya media pembelajaran yang ada dan sumber belajar yang digunakan hanya buku pelajaran. Dalam pengembangan multimedia pembelajaran ini pemilihan materi gerak edar bumi dan bulan dikarenakan siswa membutuhkan pengalaman belajar yang bisa mengatasi permasalahan ruang dan waktu dan penggambaran materi yang lebih jelas serta menimbulkan suasana belajar yang lebih menarik dan menyenangkan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan multimedia yang layak digunakan sebagai sumber belajar melalui proses validasi dan menguji keefektifitasannya pada mata pelajaran fisika pokok bahasan gerak edar bumi dan bulan kelas VII semester 2 di SMP Laboratorium UM Kota Malang. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Research and Development dari Borg dan Gall. Dalam sistematika pengembangannya terdapat langkah-langkah yang akan dilakukan guna mencapai hasil yang diharapkan. Adapun tahap-tahap tersebut antara lain (1) Studi Pendahuluan (2) Merencanakan Penelitian (3) Pengembangan Desain (4) Uji Lapangan Terbatas (5) Revisi Hasil Uji Lapangan Terbatas (6) Uji Lapangan Lebih Luas (7) Revisi Hasil Uji Lapangan Lebih Luas. Subyek penelitian dalam pengembangan ini adalah siswa kelas VII SMP Laboratorium UM Kota Malang. Multimedia pembelajaran ini telah divalidasikan pada ahli media dengan memperoleh persentase 90% dengan kategori valid ahli materi memperoleh persentase 87 5% dengan kategori valid dan hasil uji coba pada siswa memperoleh persentase 93 1% dengan kategori valid. Selain itu untuk tes hasil belajar kelompok kecil (100%) memenuhi KKM dan uji lapangan (100%) memenuhi KKM. Dengan demikian multimedia ini bisa dikatakan cukup valid/layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran Multimedia pembelajaran ini dapat digunakan sebagai media dalam pelajaran fisika terutama untuk pokok bahasan gerak edar bumi dan bulan. Dalam pengembangannya diharapkan multimedia pembelajaran dapat digunakan sebagai sumber belajar mengingat multimedia pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Sep 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/494 |
Actions (login required)
View Item |