Daya tarik Sekolah Lapang bagi petani (Studi fenomologi pada SLP Poktan "Sumber Makmur" Kec. Ngraho, Bojonegoro) / Fickar Aksatama - Repositori Universitas Negeri Malang

Daya tarik Sekolah Lapang bagi petani (Studi fenomologi pada SLP Poktan "Sumber Makmur" Kec. Ngraho, Bojonegoro) / Fickar Aksatama

Aksatama, Fickar (2012) Daya tarik Sekolah Lapang bagi petani (Studi fenomologi pada SLP Poktan "Sumber Makmur" Kec. Ngraho, Bojonegoro) / Fickar Aksatama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Daya Tarik Sekolah Lapang Petani Sekolah Lapang petani merupakan program unggulan Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro. Berdasarkan kondisi lahan pertanian yang di kelola kelompok tani Sumber Makmur memiliki potensi tinggi dan di dukung dengan aliran bengawan sungai tetapi hasil pertanian belum mampu maksimal serta meningkatkan taraf hidup petani . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang daya tarik petani anggota Sekolah Lapang dalam mengikuti program Sekolah Lapang teknik dan strategi pembelajaran manfaat Sekolah Lapang serta faktor pendukung penerapan hasil pembelajaran sebagai pengembangan lahan persawahan bagi para petani dalam merawat tanaman palawija di Kelompok Tani Sumber Makmur Desa Sumber Arum Kecamatan Ngraho Kabupaten Bojonegoro. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan dirancang dengan pendekatan studi fenomenologi. Teknik penggalian data yang digunakan adalah teknik wawancara pengamatan dokumentasi dan anilisis. Hasil penelitian ini adalah ketertarikan petani mengikuti Sekolah Lapang dipengaruhi oleh (1) materi Sekolah Lapang yang di sampaikan mampu mengatasi masalah pertanian seperti menangani hama praktek pembuatan mikro organisme lokal cara penggunaan pupuk serta mengatur pengairan tanaman (2) petani menaruh simpati kepada Petugas Pertanian Lapangan karena penyuluh yang ramah jelas dan berperan aktif dalam menyampaikan materi tentang bercocok tanam sehingga petani mudah memahami dan mempraktekkan di lahan persawahan dan (3) Strategi pembelajaran menggunakan praktek dan pendampingan di lahan persawahan. Bagi para petani peserta Sekolah Lapang mengelola lahan pertanian merupakan mata pencarian utama dan mengikuti Sekolah Lapang bisa memperoleh pengetahuan serta keterampilan baru yang dimiliki dan motivasi untuk berbuat lebih maju untuk meningkatan taraf serta kualitas hidupnya. Saran yang diajukan peneliti yaitu (1) bagi Kelompok Tani Sido Makmur Desa Sumber Arum Kecamatan Ngraho Kabupaten Bojonegoro hendaknya hasil penelitian ini dapat menjadi bahan tambahan pengetahuan bagi penyuluh pertanian dalam menyelenggarakan Sekolah Lapang (2) bagi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah hasil penelitian ini dapat mengembangkan dan memotivasi petani dalam mengembangkan dan meningkatkan taraf perekonomian dan (3) bagi Peneliti Lanjutan agar lebih mencermati hasil penelitian dan mengembangkan metode penelitian dengan studi fenomenologi yang dapat bermanfaat demi peningkatan kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4939

Actions (login required)

View Item View Item