Hubungan motivasi belajar desain busana terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran menggambar busana (studi pada siswa kelas XI Jurusan Tata Busana SMK negeri 7 Malang) / Elis Nur Unsudah - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan motivasi belajar desain busana terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran menggambar busana (studi pada siswa kelas XI Jurusan Tata Busana SMK negeri 7 Malang) / Elis Nur Unsudah

Elis Nur (2010) Hubungan motivasi belajar desain busana terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran menggambar busana (studi pada siswa kelas XI Jurusan Tata Busana SMK negeri 7 Malang) / Elis Nur Unsudah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Motivasi adalah dorongan dasar yang menggerakkan seseorang bertingkah laku. Motivasi terjadi apabila seseorang mempunyai keinginan dan kemauan untuk melakukan suatu kegiatan atau tindakan dalam rangka mencapai tujuan tertentu. Jenis motivasi ada dua yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Prestasi belajar adalah hasil belajar yang telah dicapai menurut kemampuan yang tidak dimiliki dan ditandai dengan perkembangan serta perubahan tingkah laku pada diri seseorang yang diperlukan dari belajar dengan waktu tertentu prestasi belajar ini dapat dinyatakan dalam bentuk nilai dan hasil tes atau ujian. Menggambar busana merupakan salah satu kompetensi yang disajikan dalam kurikulum. Disain busana merupakan salah satu bidang yang harus dikuasai siswa dalam mata pelajaran menggambar busana sebagai perwujudan imajinasi ide karya yang dihasilkan siswa tentang busana. Motivasi belajar desain busana merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar pada pelajaran menggambar busana. Sehingga siswa yang memiliki motivasi yang baik dalam desain busana akan mendapatkan hasil belajar yang baik pula.. Dalam penelitian ini dilakukan pengujian mengenai hubungan motivasi belajar desain terhadap prestasi belajar pada pelajaran menggambar busana. Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah ada hubungan antara motivasi belajar desain terhadap prestasi belajar pada pelajaran menggambar busana dan sumbangan efektif antara hubungan motiviasi belajar desain terhadap prestasi belajar pada pelajaran menggambar busana siswa kelas XI Jurusan Tata Busana SMK Negeri 7 Malang tahun pelajaran 2008/2009. Hipotesis alternatif (Ha) dalam penelitian ini adalah ada hubungan antara motivasi belajar desain dengan prestasi belajar pada pelajaran menggambar busana siswa kelas XI Jurusan Tata Busana SMK Negeri 7 Malang. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah motivasi belajar dan untuk variabel terikatnya adalah prestasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI jurusan tata busana SMK Negeri 7 Malang tahun pelajaran 2008/2009 sebanyak 34 siswa dengan menggunakan sampel total. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi berupa nilai hasil belajar. Uji coba dilakukan dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment Pearson untuk menguji validitasnya dan pengujian reliabilitasnya dengan menggunakan Cronbach Alpha. Penyebaran skor motivasi belajar desain busana siswa Jurusan Tata Busana SMKN 7 Malang menunjukkan bahwa 21 responden (61 76%) memperoleh skor disekitar nilai rata- ratanya yang bervariasi antara 88 113. Terdapat 1 responden (2 94%) yang memperoleh skor dibawah nilai rata-rata yang bervariasi antara 34 87. Sebagian nilai prestasi responden lainnya yaitu 12 responden (35 29%) memperoleh skor diatas rata-rata yang bervariasi antara 114 140. Berdasarkan prosentase tersebut dapat dikatakan bahwa motivasi belajar desain busana siswa kelas XI Jurusan Tata Busana SMKN 7 Malang dalam kategori baik. Sedangkan untuk prestasi belajar siswa pada pelajaran menggambar busana menunjukkan bahwa 20 responden (58 82%) memperoleh skor disekitar nilai rata-ratanya yang bervariasi iii antara 75 89. Terdapat 11 responden (32 35%) yang memperoleh skor dibawah nilai rata- rata yang bervariasi antara 0 74. Sebagian nilai prestasi responden lainnya yaitu 3 responden (8 85%) memperoleh skor diatas rata-rata yang bervariasi antara 90 100. Deri data tersebut dapat dikatakan bahwa prestasi belajar siswa kelas XI Jurusan Tata Busana SMKN 7 Malang dalam kategori baik. Hasil analisis data penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0 594 hal ini memunjukkan adanya hubungan korelasi yang sedang. Tingkat signifikansi sebesar 0 05 adalah 4 14. Karena F hitung (17 048) F tabel (4 14) maka Ho ditolak artinya ada hubungan antara motivasi belajar desain busana dengan prestasi belajar pada mata pelajaran menggambar busana siswa kelas XI Jurusan Tata Busana SMK Negeri 7 Malang. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ada hubungan antara motivasi belajar desain busana dengan prestasi belajar pada mata pelajaran menggambar busana siswa kelas XI Jurusan Tata Busana SMK Negeri 7 Malang. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan pada penelitian tentang hubungan antara motivasi belajar desain terhadap prestasi belajar pada pelajaran menggambar busana siswa kelas XI Jurusan Tata Busana SMK Negeri 7 Malang tahun pelajaran 2008/2009.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49255

Actions (login required)

View Item View Item