Peranan industri konveksi di Kelurahan Botoran terhadap pendapatan keluarga tenaga kerja / Dila Kurniasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peranan industri konveksi di Kelurahan Botoran terhadap pendapatan keluarga tenaga kerja / Dila Kurniasari

Kurniasari, Dila (2018) Peranan industri konveksi di Kelurahan Botoran terhadap pendapatan keluarga tenaga kerja / Dila Kurniasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Kurniasari. Dila. 2018. Peranan Industri Konveksi di Kelurahan Botoran terhadap Pendapatan Keluarga Tenaga Kerja. Skripsi. Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sri Eko Puji Rahayu M.Si. (II) Dra. Hapsari Kusumawardani M.Pd. Kata Kunci industri konveksi tenaga kerja pendapatan pendapatan keluarga Kelurahan Botoran merupakan salah satu kelurahan di kecamatan Tulungagung yang memiliki jumlah industri paling banyak di bandingkan dengan kelurahan lainnya. Terdapat 12 industri konveksi di Kelurahan Botoran yang masih berjalan aktif. Sebagian besar tenaga kerja industri konveksi merupakan ibu-ibu rumah tangga yang bekerja untuk membantu meningkatkan perekonomian keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang peranan industri konveksi di Kelurahan Botoran terhadap pendapatan keluarga tenaga kerja. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan kuesioner. Populasi dan sampel yang digunakan adalah tenaga kerja industri konveksi di Kelurahan Botoran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapatan yang diperoleh tenaga kerja dari industri konveksi masih berada di bawah UMK Kabupaten Tulungagung. Sebagian besar pendapatan tenaga kerja hanya dapat memenuhi kebutuhan primer dalam keluaga. Industri konveksi di Kelurahan Botoran kurang berperan terhadap pendapatan keluarga tenaga kerja. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu industri konveksi di Kelurahan Botoran kurang memberikan peranan terhadap pendapatan keluarga tenaga kerja rata-rata pendapatan tenaga kerja masih berada di bawah UMK Kabupaten Tulungagung karena industri konveksi kurang memberikan pendidikan dan pelatihan pada bidang busana. Namun keberadaan industri konveksi di Kelurahan Botoran cukup membantu menambah pendapatan keluarga. Hendaknya pemerintah lebih memperhatikan upah tenaga kerja industri konveksi dan industri konveksi berupaya untuk memperbaiki kualitas barang produksinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49226

Actions (login required)

View Item View Item