Pengembangan media video pembelajaran tentang berkomunikasi menggunakan bahasa isyarat untuk anak tunarunggu di SLB PGRI Dlanggu Mojokerto / Wahyu Jaya Dwi Indriyati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media video pembelajaran tentang berkomunikasi menggunakan bahasa isyarat untuk anak tunarunggu di SLB PGRI Dlanggu Mojokerto / Wahyu Jaya Dwi Indriyati

Indriyati, Wahyu Jaya Dwi (2014) Pengembangan media video pembelajaran tentang berkomunikasi menggunakan bahasa isyarat untuk anak tunarunggu di SLB PGRI Dlanggu Mojokerto / Wahyu Jaya Dwi Indriyati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Indriyati Wahyu J D. 2014. Pengembangan Media Video Pembelajaran Tentang Berkomunikasi Menggunakan Bahasa Isyarat Untuk Anak Tunarungu di SLB PGRI Dlanggu Mojokerto.Pembimbing (1) Dr. Anselmus J.E Toenlioe M.Pd (II) Eka Pramono Adi S.I.P. Msi. Kata Kunci pengembangan video pembelajaran bahasa isyarat. 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan pengamatan di SLB PGRI Dlanggu Mojokerto mengenai pembelajaran bahasa isyarat pada anak tuna rungu yang sering menggunakan komunikasi non-verbal yaitu komunikasi yang dilakukan secara tidak langsung menggunakan sarana bantuan baik melalui tulisan gerakan anggota tubuh lainnya (bahasa isyarat) ekspresi wajah. Guru dalam menyampaikan materi menggunakan metode pembelajaran klasikal. Hal tersebut menyebabkan siswa mengalami kesulitan untuk menyerap materi pembelajaran secara optimal akibatnya informasi verbal tidak dapat tersampaikan secara utuh serta siswa cepat merasa bosan dan jenuh. Sedangkan kesulitan yang dialami oleh guru adalah harus memberikan contoh latihan wicara dengan gerakan tangan atau gerakan mulut secara berulang hal ini bertujuan agar seluruh konsonan dan kata-kata dapat ditangkap siswa tuna rungu. Oleh karena itu dikembangkan media video pembelajaran yang dirancang dengan merekam gerakan mimik ucapan kata-kata serta memberi animasi tambahan untuk penjelasan tata cara mengucap kata. 12288 12288 12288 12288 Tujuan pengembangan adalah mengembangkan media video pembelajaran untuk siswa penyandang tuna rungu dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran. Pengembangan media video pembelajaran ini dilakukan dengan menggunakan model pengembangan media oleh Sadiman. Adapun langkah-langkah pengembangan media video pembelajaran ini yaitu (1) identifikasi kebutuhan (2) analisis tujuan pembelajaran (3) pengembangan materi pembelajaran (4) mengembangkan alat evaluasi (5) penulisan naskah media (6) produksi (7) menyusun petunjuk pemanfaatan (8) validasi (9) revisi. 12288 12288 12288 12288 Subyek uji coba pengembangan media video pembelajaran ini adalah siswa tuna rungu di SLB PGRI Dlanggu Mojokerto. Pengembangan media video pembelajaran ini divalidasi oleh ahli media ahli materi dan siswa. Uji coba perorangan sebanyak 2 siswa uji coba kelompok kecil sebanyak 5 siswa dan uji coba lapangan sebanyak 10 siswa. 12288 12288 12288 12288 Hasil pengembangan media video pembelajaran ini dinyatakan valid. Dengan hasil perhitungan pertama media video pembelajaran ini divalidasi oleh ahli materi yaitu guru bahasa isyarat sebesar 83 3 % dan yang kedua oleh ahli media yaitu Dosen TEP UM sebesar 85 % yang ketiga dilakukan uji coba kepada siswa yaitu uji coba audiens perseorangan dengan hasil 93 75 % uji coba kelompok kecil dengan hasil 69% dan uji coba klasikal dengan hasil 82 75%. Kesimpulan dari pengembangan ini adalah media video pembelajaran yang dikembangkan termasuk valid dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran berkomunikasi menggunakan bahasa isyarat di SLB PGRI Dlanggu Mojokerto.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/491

Actions (login required)

View Item View Item