Pengembangan multimedia pembelajaran IPA pokok bahasan peristiwa alam kelas V semester 2 SDN Wiroborang 2 Kota Probolinggo / Wahyu Aditya Rachman - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia pembelajaran IPA pokok bahasan peristiwa alam kelas V semester 2 SDN Wiroborang 2 Kota Probolinggo / Wahyu Aditya Rachman

Rachman, Wahyu Aditya (2014) Pengembangan multimedia pembelajaran IPA pokok bahasan peristiwa alam kelas V semester 2 SDN Wiroborang 2 Kota Probolinggo / Wahyu Aditya Rachman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rachman Wahyu Aditya. 2014. Pengembangan Multimedia Pembelajaran IPA Pokok Bahasan Peristiwa Alam Kelas 5 Semester 2 di SDN Wiroborang 2 Kota Probolinggo. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr.Sihkabuden M.Pd. (II) Dra.Susilaningsih M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Multimedia IPA. Multimedia pembelajaran merupakan salah satu teknologi yang memanfaatkan komputer untuk menayangkan informasi atau menyampaikan pesan. Multimedia dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks grafik animasi audio dan gambar video dan menggabungkan link sehingga memungkinkan pemakai melakukan navigasi berinteraksi berkreasi dan berkomunikasi. IPA merupakan salah satu mata pelajaran yang membutuhkan contoh secara nyata dan penggambaran contoh yang jelas tentang apa yang sedang dipelajari. Multimedia pembelajaran sangat cocok untuk kepentingan pembelajaran IPA dengan adanya perpaduan media yang digunakan untuk memberikan gambaran yang jelas tentang sesuatu yang dipelajari. Multimedia pembelajaran tidak hanya digunakan untuk pembelajaran individual tetapi juga bisa digunakan untuk pembelajaran kelompok atau klasikal. Tujuan dari pengembangan yaitu untuk menghasilkan sebuah produk media pembelajaran berupa multimedia yang telah melalui proses validasi dan uji coba produk sehingga layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran yang dibutuhkan pada pokok bahasan peristiwa alam mata pelajaran IPA Kelas V SD. Penelitian ini menggunakan model pengembangan William W. Lee dan Dania L. Owens langkah-langkah pengembangan ini adalah (1) analisis dan penilaian (2) desain (3) pengembangan (4) implementasi dan (5) evaluasi. Subyek penelitian dalam validasi pengembangan ini adalah ahli media ahli materi dan siswa kelas V SDN Wiroborang 2 Kota Probolinggo. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari data tes hasil belajar. Sedangkan data kualitatif diperoleh dari angket tanggapan ahli media ahli materi dan siswa tentang produk yang dihasilkan. Media ini divalidasi oleh ahli media ahli materi serta siswa dan mengetahui pemanfaatan hasil belajar oleh siswa sebanyak 34 orang. Setelah dianalisis hasil validasi dari pembelajaran ini dinyatakan cukup valid dari ahli media (78 3%) valid dari data angket ahli materi (80 0%) valid dari data angket tanggapan siswa kelompok kecil (94 1%) dan valid dari data angket tanggapan siswa kelompok besar (88 1%) hal ini menunjukan bahwa multimedia pembelajaran ini layak digunakan sebagai media pembelajaran di kelas. Pada hasil tes belajar siswa uji coba lapangan setelah menggunakan multimedia memperoleh persentase (91 1%) siswa yang mencapai KKM hal ini menunjukan bahwa multimedia pembelajaran ini efektif dan memberikan dampak yang positif dalam pembelajaran khususnya mata pelajaran IPA pada pokok bahasan peristiwa alam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/490

Actions (login required)

View Item View Item