Studi pelaksanaan mata kuliah mengelola usaha busana butik program studi S-1 pendidikan mata busana angkatan 2008 / Meylisa Endah Porwanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi pelaksanaan mata kuliah mengelola usaha busana butik program studi S-1 pendidikan mata busana angkatan 2008 / Meylisa Endah Porwanti

Porwanti, Meylisa Endah (2012) Studi pelaksanaan mata kuliah mengelola usaha busana butik program studi S-1 pendidikan mata busana angkatan 2008 / Meylisa Endah Porwanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pelaksanaan Matakuliah Mengelola Usaha Busana Butik Perguruan tinggi memiliki peran penting dalam pembentukan jiwa kewirausahaan mahasiswa. Salah satu cara menumbuhkan jiwa kewirausahaan di perguruan tinggi adalah dengan memasukkan materi kewirausahaan / mata kuliah di dalam kurikulum. Matakuliah Mengelola Usaha Busana Butik (MUB) Butik merupakan mata kuliah yang memberikan pengalaman mengelola usaha busana melalui praktik pengelolaan usaha butik sesuai dengan prinsip-prinsip manajemen usaha busana. Matakuliah mengelola usaha busana butik merupakan salah satu program yang dapat ditempuh oleh mahasiswa untuk membekali diri dalam bidang kewirausahaan. Kewirausahaan menjadi penting ketika pelaksanaanya sesuai dengan konsep kewirausahaan tetapi kesenjangan kenyataan di lapangan mengakibatkan kewirausahaan belum berjalan sepenuhnya.Berdasarkan hal tersebut tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan matakuliah mengelola usaha busana butik yang meliputi perencanaan pelaksanaan dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 pendidikan Tata Busana angkatan 2008 yang terdiri dari 46 mahasiswa. Instrumen penelitian berupa angket dengan kombinasi pertanyaan terbuka dan tertutup dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif dengan persentase (%). Berdasarkan hasil analisis data (1) Ditinjau dari perencanaan a) Dari segi pengajaran bahwa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang dibuat oleh dosen adalah mengelola usaha busana butik tidak sesuai dengan rencana usaha yang disusun mahasiswa yaitu mengelola usaha busana modiste b) Dari segi rencana usaha sudah berjalan dengan optimal sebagian besar mahasiswa merencanakan usaha yang meliputi aspek pemasaran SDM produksi dan keuangan (2) Ditinjau dari segi pelaksanaan kegiatan a) Pemasaran belum berjalan optimal dikarenakan pengguna produk sebagian besar adalah diri sendiri b) Pada bagian SDM belum berjalan optimal dikarenakan sebagian besar mahasiswa melakukan pekerjaan rangkap c) Pada bagian produksi belum berjalan optimal dikarenakan hasil produk mahasiswa adalah produk modiste tidak sesuai dengan rancangan produk yang dibuat oleh dosen yaitu produk butik d) Pada bagian keuangan sudah berjalan dengan optimal karena sebagian besar mahasiswa sudah merencanakan keuangan (3) Hasil evaluasi menunjukkan kegiatan mengelola usaha busana butik a) Pemasaran belum berjalan optimal dikarenakan pengguna produk yang sebagian besar diri sendiri b) SDM belum berjalan optimal dikarenakan sebagian besar mahasiswa melaksanakan pekerjaan tugas rangkap ii c) Produksi belum berjalan optimal dikarenakan adanya ketidaksesuaian antara produk yang dihasilkan mahasiswa yaitu produk modiste sedangkan rancangan perkuliahan adalah produk butik d) Keuangan sudah berjalan dengan optimal (4) Kendala-kendala dalam pelaksanaan matakuliah mengelola usaha busana butik adalah adanya target omzet yang tinggi waktu pelaksanaan matakuliah MUB Butik yang pendek. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah 1) Bagi Jurusan Teknologi Industri Mengelola Usaha Busana Butik merupakan matakuliah pilihan seyogyanya mahasiswa diberi kebebasan di dalam memilih/ memprogram matakuliah yang diinginkan. Jika terdapat syarat di dalam memilih/ memprogram matakuliah pilihan maka sebaiknya jurusan mengeluarkan buku pedoman 2) Sebaiknya dalam menyajikan matakuliah pilihan jurusan membuat kode yang berbeda untuk membedakan matakuliah mengelola usaha busana butik atau matakuliah mengelola usaha busana modiste sehingga mahasiswa tidak kesulitan didalam memprogram dan dapat memilih sesuai dengan minat dan kemampuan 3) Diharapkan pada perkuliahan mengelola usaha busana butik atau matakuliah mengelola usaha busana modiste yang akan datang dosen mengetahui matakuliah yang diprogram/ ditempuh oleh mahasiswa. Sehingga matakuliah pilihan yang diprogram sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) mengelola usaha busana butik atau rencana pelaksanaan pembelajaran mengelola usaha busana modiste 4) Bagi Mahasiswa diharapkan pada perkuliahan matakuliah mengelola usaha busana butik yang akan datang rencana kegiatan sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran. Hal ini dilakukan agar ketika pelaksanaan matakuliah mengelola usaha butik tidak terjadi perubahan produk sehingga mahasiswa dapat mencapai omzet yang telah ditentukan dan dapat memanfaatkan waktu perkuliahan dengan sebaik-baiknya 5) Bagi peneliti lain yang melakukan penelitian sejenis diharapkan mampu menemukan variabel-variabel yang lebih luas dan variatif sehingga dapat menambah hasil-hasil penelitian tentang pelaksanaan matakuliah mengelola usaha busana khususnya mengelola usaha busana butik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Sep 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48993

Actions (login required)

View Item View Item