Trivena, Yeni (2014) Pengembangan ,odul pembelajaran tematik untuk kelas IV semester 2 tahun 2014 di SDN Merjosari 2 Kota Malang / Yeni Trivena. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Trivena Yeni. 2014. Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik untuk Kelas IV Semester 2 Tahun 2014 di SDN Merjosari 2 Kota Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng (II) Henry Praherdiono S.Si. M.Pd. Kata Kunci pengembangan modul pembelajaran tematik Kurikulum di Indonesia mengalami pembaharuan terus-menerus secara kontinyu. Pemerintah baru saja melakukan pembaharuan kurikulum KTSP menjadi Kurikulum 2013 yang pada pelaksanaannya menggunakan pembelajaran tematik. Hal ini mempengaruhi media pembelajaran terutama pada buku teks sebagai pedoman pembelajaran sangat terbatas hanya dari pemerintah saja. Sedangkan buku yang disediakan oleh penerbit biasanya ada yang tidak sesuai dengan KI/KD dari pemerintah. Oleh karena itu sekolah hanya menggunakan sumber bahan ajar dari pemerintah saja agar sesuai dengan kurikulum 2013 yang telah ditetapkan. Berdasarkan observasi di SDN Merjosari 2 Malang terdapat beberapa kendala yang dialami oleh guru dan sekolah mengenai sumber bahan ajar pembelajaran tematik karena ketidaksesuaian antara buku babon dengan silabus. Buku babon tersebut juga tidak dapat dipelajari secara mandiri. Siswa harus didampingi oleh guru kelas. Bahan ajar yang dapat dengan mudah dimengerti dipahami dan digunakan untuk belajar mandiri adalah modul. Sehingga dapat dirumuskan permasalahannya yaitu Dibutuhkan modul yang valid menarik dan dapat dipelajari siswa sebagai bahan materi yang sesuai dengan pembelajaran tematik di kurikulum 2013. Model pengembangan modul pembelajaran tematik ini diadaptasi dari Borg dan Gall yang telah dimodifikasi oleh Sukmadinata. Model ini terdiri dari 3 langkah yaitu (1) studi pendahuluan (2) pengujian (3) pengembangan. Instrumen pengumpulan data berupa angket. Angket tersebut kemudian diolah menjadi data kuantitatif dimana data tersebut diperoleh dari nilai persentase rata-rata skor per item. Sementara itu data kualitatif diperoleh dari saran kritik tanggapan atau masukan dari validator. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif yang diubah ke dalam bentuk persentase. Hasil produk media ini berbentuk modul modul pembelajaran tematik. Hasil validasi isi terhadap kelayakan modul pembelajaran tematik ini menunjukkan hasil yang valid dengan perhitungan skor dari validasi ahli media 84% validasi ahli materi 92 91% uji coba perorangan 90% uji coba kelompok kecil 95 92% uji lapangan rata-rata pretest 39% dan post test 76% dan peningkatan hasil belajar secara keseluruhan mencapai 50%. Hasil pengembangan ini telah direvisi meliputi (1) jenis huruf (font) yang diganti Times New Roman atau Arial (2) ketebalan modul yang dibuat lebih efisien dengan cetak bolak-balik (3) pemberian halaman pada daftar isi dan soal evaluasi untuk memudahkan siswa mencari halaman dan (4) penjelasan pada beberapa bagian.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Sep 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/487 |
Actions (login required)
View Item |