Pengaruh penambahan tepung terigu terhadap mutu bakso jamur tiram putih / Mohamad Yogi Hertanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penambahan tepung terigu terhadap mutu bakso jamur tiram putih / Mohamad Yogi Hertanto

Hertanto, Mohamad Yogi (2018) Pengaruh penambahan tepung terigu terhadap mutu bakso jamur tiram putih / Mohamad Yogi Hertanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Hertanto Yogi. 2018. Pengaruh Penambahan Tepung Terigu Terhadap Mutu Bakso Jamur Tiram Putih. Skripsi Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. (I) Aisyah Larasati ST. MT. MIM. Ph.D (II) Ir. Issutarti M.P. Kata Kunci Bakso Jamur Tiram Putih Tepung terigu Uji Proksimat Kualitas bakso sangat dipengaruhi oleh komposisi bahan penyusunnya. Penambahan tepung terigu pada bakso jamur tiram diharapkan untuk memperbaiki tekstur bakso jamur. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kandungan proksimat dan sifat organoleptik bakso jamur tiram dengan penambahan tepung terigu. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap dengan satu perlakuan dengan tiga tingkatan (1% 2% dan 3%) yang diulang dua kali. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan One Way ANOVA (Analysis of Variance) yang dilanjutkan dengan uji Duncan s. Hasil penelitian menunjukan bahwa perbedaan formulasi bakso jamur tiram dengan penambahan tepung terigu berpengaruh terhadap kandungan proksimat mutu hedonik dan hedonik. Kandungan proksimat yang diperoleh yaitu kadar protein tertinggi 13 18% kadar lemak tertinggi 4 02% kadar air tertinggi 49 74% kadar abu tertinggi 5 6% serat kasar tertinggi 2 20% dan Karbohidrat tertinggi 32 28%. Penambahan tepung terigu tidak berpengaruh nyata terhadap aroma tetapi berpengaruh terhadap tekstur dan rasa. Hasil skor tekstur yang tertinggi 4 33 (cukup kenyal) dan skor rasa tertinggi 4 17 (cukup sedap). Penambahan tepung terigu tidak berpengaruh terhadap hasil uji kesukaan aroma dan rasa tetapi berpengaruh terhadap tekstur dengan hasil skor tertinggi 4 16 (agak suka). Kesimpulan dari penelitian ini adalah semakin banyak tepung terigu yang ditambahkan kadar protein kadar air kadar abu dan kadar serat kasar semakin tinggi rasa lebih sedap dan tekstur lebih kenyal. Saran yang diajukan adalah perlu dilakukan penelitian lebih lanjut tentang penggunaan susu skim pada bakso jamur tiram untuk memperbaiki hedonik rasa pada bakso jamur tiram.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Nov 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48494

Actions (login required)

View Item View Item