Pengembangan modul syarat kecakapan khusus (SKK) juru masak tingkat purwa untuk pramuka penegak / Novan Wahyu Firiski - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul syarat kecakapan khusus (SKK) juru masak tingkat purwa untuk pramuka penegak / Novan Wahyu Firiski

Firiski, Novan Wahyu (2018) Pengembangan modul syarat kecakapan khusus (SKK) juru masak tingkat purwa untuk pramuka penegak / Novan Wahyu Firiski. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Firiski Novan Wahyu. 2017. Pengembangan Modul Syarat Kecakapan Khusus (SKK) Juru Masak Tingkat Purwa untuk Pramuka Penegak. Skripsi Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Nunung Nurjanah M.Kes (II) Dra. Wiwik Wahyuni M.Pd Kata kunci pengembangan modul syarat kecakapan khusus juru masak tingkat purwa. Gerakan pramuka merupakan kegiatan ekstrakulikuler yang mendidik anggota pramuka untuk memiliki berbagai keterampilan kecakapan hidup. Diantaranya adalah dengan memiliki syarat kecakapan khusus (SKK) juru masak tingkat purwa untuk pramuka penegak. Pengembangan modul ini dibuat melalui pembuatan modul SKK juru masak tingkat purwa untuk pramuka penegak. Model penelitian dan pengembangan menggunakan langkah-langkah metode research and development menurut Sugiyono. Uji validasi uji coba kecil dan uji coba pemakaian dilakukan untuk mengetahui kelayakan modul dikembangkan. Instrumen pengumpulan data berupa angket dengan jenis data kuantitatif dan data kualitatif. Analisis data untuk menghitung perolehan skor adalah persentase. Hasil validasi ahli materi pengolahan makanan menunjukkan bahwa modul sangat layak (85%) dengan saran dari validator agar memperbaiki beberapa isi modul. Hasil validasi ahli materi kepramukaan menunjukkan bahwa modul sangat layak (93 18%) dengan saran dari validator agar memperbaiki beberapa isi modul disesuaikan dengan teknik survival. Hasil validasi ahli bahasa menunjukkan bahwa modul sangat layak (90%) saran dari validator agar memperbaiki kalimat yang digunakan. Hasil validasi ahli media menunjukkan bahwa modul sangat layak (85%) saran dari validator agar memperbaiki font huruf yang digunakan pada sampul modul. Hasil uji coba kecil oleh 5 pramuka penegak menunjukkan menunjukkan bahwa modul layak (74%). Hasil uji coba pemakaian oleh 25 pramuka penegak menunjukkan bahwa modul sangat layak (86 7%). Kesimpulan hasil pengembangan modul ini telah memenuhi syarat dari sisi materi pada aspek kesesuaian materi dengan syarat kecakapan khusus juru masak tingkat purwa yang diujikan sisi bahasa yang digunakan pada aspek tata bahasa dan tata tulis maupun tinjauan dari sisi media pada aspek tampilan dan desain modul.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48452

Actions (login required)

View Item View Item