Tanggapan siswa tentang penerapan model pembelajaran kooperatif GI (Group Investigation) (studi kasus mata pelajaran Pengolahan dan Penyajian Makanan Indonesia kelas XI Jasa Boga SMK Negeri 1 Tuban) / Yusronie Fawaaidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Tanggapan siswa tentang penerapan model pembelajaran kooperatif GI (Group Investigation) (studi kasus mata pelajaran Pengolahan dan Penyajian Makanan Indonesia kelas XI Jasa Boga SMK Negeri 1 Tuban) / Yusronie Fawaaidah

Fawaaidah, Yusronie (2015) Tanggapan siswa tentang penerapan model pembelajaran kooperatif GI (Group Investigation) (studi kasus mata pelajaran Pengolahan dan Penyajian Makanan Indonesia kelas XI Jasa Boga SMK Negeri 1 Tuban) / Yusronie Fawaaidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fawaaidah Yusronie. 2015. Tanggapan Siswa tentang Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif GI (Group Investigation) (Studi pada Mata Pelajaran Pengolahan dan Penyajian Makanan Indonesia Kelas XI Jasa Boga SMK Negeri 1 Turen). Skripsi Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Nunung Nurjanah M.Kes. (II) Dr. Dra. Rina Rifqie Mariana M. P. Kata Kunci Tanggapan siswa Penerapan Model Pembelajaran Kooperataif GI (Group Investigation) Salah satu model pembelajaran yang dapat membantu meningkatkan kemampuan siswa dalam proses belajar adalah model pembelajaran GI (Group Investigation). Model pembelajaran ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran kebebasan mengungkapkan gagasan atau ide serta menumbuhkan semangat kebersamaan dalam kelompok untuk mencapai tujuan bersama. Suasana belajar kooperatif menghasilkan hasil belajar yang lebih baik pemahaman materi lebih cepat karena melibatkan partisipasi siswa dalam satu kelompok kecil untuk saling berinteraksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan penerapan model pembelajaran GI (Group Investigation) mengetahui tanggapan siswa tentang penerapan model pembelajaran kooperatif GI (Group Investigation) pada mata pelajaran pengolahan dan penyajian makanan Indonesia kelas XI Jasa Boga1 di SMK Negeri 1 Turen. Subyek dalam penelitian adalah siswa kelas XI Jasa Boga 1 di SMK Negeri 1 Turen dengan jumlah 34 siswa dan lima orang guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian berupa pedoman observasi angket dan dokumentasi. Tanggapan siswa tentang penerapan model pembelajaran kooperatif GI (group investigation) pada mata pelajaran pengolahan dan penyajian makanan Indonesia Kelas XI Jasa Boga 1 SMK Negeri 1 Turen diketahui sebagai berikut (1) analisis pelaksanaan penerapan model pembelajaran GI (Group Investigation) pada aspek pelaksanaan pembelajaran secara keseluruhan sebagian besar responden (60%) menyatakan positif (2) tanggapan siswa tentang penerapan model pembelajaran GI (Group Investigation) sebagian besar responden (59%) menyatakan sangat positif. Saran yang dapat diberikan adalah (1) Guru SMK Negeri 1 Turen disarankan agar memperhatikan pemilihan model pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan dipelajari untuk mendapatkan prestasi belajar siswa yang lebih baik (2) Bagi peneliti lain diharapkan untuk mendalami berbagai situasi dan kondisi serta berbagai model pembelajaran sehingga nantinya kekurangan yang terdapat dalam penelitian ini dapat diperbaiki dalam penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48324

Actions (login required)

View Item View Item