Pengembangan modul pembelajaran muatan lokal tata boga kelas VIII semester genap di SMP Negeri 10 Malang / Rika Nurviani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran muatan lokal tata boga kelas VIII semester genap di SMP Negeri 10 Malang / Rika Nurviani

Nurviani, Rika (2013) Pengembangan modul pembelajaran muatan lokal tata boga kelas VIII semester genap di SMP Negeri 10 Malang / Rika Nurviani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pengembangan modul muatan lokal Tata Boga SMP Negeri 10 Malang Modul pembelajaran merupakan salah satu bahan ajar dalam bentuk cetak yang dapat digunakan oleh setiap siswa guna menunjang proses belajar yang maksimal sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Modul merupakan salah satu bahan ajar yang dianjurkan untuk dipakai pada sekolah. Kurang ketersediaan bahan ajar berupa modul untuk siswa di SMP Negeri 10 Malang yang mengikuti kegiatan pembelajaran muatan lokal Tata Boga merupakan salah satu masalah yang memerlukan alternatif pemecahan. Maka dari itu dibutuhkan alternatif pemecahan masalah yaitu pembuatan modul pembelajaran muatan lokal Tata Boga untuk siswa. Penelitian dan pengembangan dilakukan dengan tujuan 1) menghasilkan produk berupa modul pembelajaran muatan lokal Tata Boga di SMP Negeri 10 Malang 2) mengetahui kelayakan isi kelayakan bahasa dan kelayakan penyajian modul. Penelitian dan pengembangan modul mengadaptasi model pengembangan Borg and Gall yang dilakukan sampai tahap ketujuh (merevisi hasil uji coba). Penelitian dan pengembangan modul divalidasi oleh satu orang ahli media dua orang ahli materi dan satu orang ahli bahasa. Uji keterbacaan dilakukan dua kali yaitu uji coba lapangan awal dan uji coba lapangan. Uji coba lapangan awal melibatkan 6 siswa sedangkan uji coba lapangan melibatkan 30 siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Malang. Hasil uji kelayakan modul dari aspek materi diperoleh skor kelayakan 96 25% dengan kriteria penilaian layak/valid. Hasil uji kelayakan modul dari aspek bahasa diperoleh skor kelayakan 83 33% dengan kriteria penilaian layak/valid. Hasil uji kelayakan modul dari aspek penyajian diperoleh skor kelayakan 77 77% dengan kriteria penilaian layak/valid. Hasil uji coba lapangan awal diperoleh skor kelayakan 79 16% dengan kriteria penilaian cukup layak sedangkan hasil uji coba lapangan diperoleh skor kelayakan 88 77% dengan kriteria penilaian layak/valid. Pada akhir penelitian ini dihasilkan suatu produk berupa modul pembelajaran muatan lokal Tata Boga kelas VIII semester genap di SMPN 10 Malang yang layak diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran muatan lokal Tata Boga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48241

Actions (login required)

View Item View Item