Pengembangan kewirausahaan di SMK negeri 1 Turen Kabupaten Malang / Diyanita Anggraeni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan kewirausahaan di SMK negeri 1 Turen Kabupaten Malang / Diyanita Anggraeni

Anggraeni, Diyanita (2010) Pengembangan kewirausahaan di SMK negeri 1 Turen Kabupaten Malang / Diyanita Anggraeni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anggraeni Diyanita. 2009. Pengembangan Kewirausahaan di SMK Negeri 1 Turen Kabupaten Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Tata Boga Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Dwi Agus Sudjimat S.T. M.Pd (2) Dra. Wiwik Wahyuni M.Pd. Kata Kunci pengembangan kewirausahaan SMK Turen Pengembangan kewirausahaan di SMK memang sangat diperlukan. Hal ini sesuai dengan yang diamanatkan dalam UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 15 bahwa Pendidikan Kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu . SMK Negeri 1 Turen merupakan salah satu sekolah kejuruan negeri terfavorit di Kabupaten Malang. Sekolah ini memiliki 6 program keahlian yaitu Tata Boga (Resto) Tata Busana (Busana Butik) Akuntansi (AK) Penjualan/PJ (Pemasaran) Administrasi Perkantoran (APK) dan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan kewirausahaan di SMK Negeri 1 Turen meliputi arah pengembangannya kebijakan yang diambil keterlibatan guru dan siswa bentuk kegiatan wirausaha faktor pendukung dan faktor penghambat dalam mengembangkan kewirausahaan di sekolah ini. Penelitian ini menggunakan mixing methode dimana metode kualitatif dijadikan fasilitator untuk metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data untuk metode kualitatif dilakukan melalui wawancara mendalam kepada kepala SMK Negeri 1 Turen. Hasil yang diperoleh melalui wawancara kemudian dijadikan dasar untuk pengembangan instrumen pengumpulan data (berupa angket) untuk penelitian kuantitatif. Angket diberikan kepada 30 orang responden guru adaptif-kewirausahaan dan guru produktif dari 6 program keahlian di SMK Negeri 1 Turen. Berdasarkan hasil angket diketahui bahwa 86 7% responden memahami tentang arah pengembangan kewirausahaan di SMK Negeri 1 Turen 76 67% responden pernah dilibatkan dalam kegiatan pengembangan kewirausahaan 100% responden mengetahui bentuk-bentuk pengembangan kewirausahaan di SMK Negeri 1 Turen. Dengan demikian pengembangan kewirausahaan di SMK Negeri 1 Turen masih belum maksimal sehingga perlu lebih ditingkatkan lagi agar siswa memiliki keterampilan dalam berwirausaha sesuai dengan kompetensinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48118

Actions (login required)

View Item View Item