Penerapan algoritma FP-Growth dalam penentuan pola pembelian konsumen pada kain tenun Medali Mas / Icca Astrina - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan algoritma FP-Growth dalam penentuan pola pembelian konsumen pada kain tenun Medali Mas / Icca Astrina

Astrina, Icca (2018) Penerapan algoritma FP-Growth dalam penentuan pola pembelian konsumen pada kain tenun Medali Mas / Icca Astrina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Astrina Icca. 2018. Penerapan Algoritma FP-Growth dalam Penentuan Pola Pembelian Konsumen pada Kain Tenun Medali Mas. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) M. Zainal Arifin S.Si. M.Kom. (2) Utomo Pujianto S.Kom. M.Kom. Kata Kunci pola pembelian konsumen medali mas fp-growth chi-square Kain tenun merupakan salah satu jenis kain yang banyak diminati masyarakat. Di Kota Kediri terdapat toko kain tenun Medali Mas yang sangat diminati masyarakat karena bagus kualitasnya dan memiliki beragam jenis kain tenun. Medali Mas mempunyai aktivitas transaksi penjualan yang tinggi sehingga menghasilkan tumpukan data pembelian yang besar. Tumpukan data transaksi dapat dimanfaatkan menjadi informasi yang berharga. Berbicara tentang kejadian tersebut peneliti akan mengolah data transaksi menjadi sebuah informasi pola pembelian konsumen. Dengan begitu diharapkan dapat membantu toko Medali Mas dalam menekan barang yang tidak laku dan dapat meningkatkan keuntungan. Penelitian ini menggunakan teknik data mining association rule dalam pengolahan data yang banyak dan algoritma Frequent Pattern Growth (FP-Growth) untuk menentukan pola pembelian konsumen. Algoritma FP-Growth sendiri menggunakan konsep pembangunan tree dalam pencarian frequent itemsets. Data yang digunakan yaitu 26 jenis item kain tenun dan 200 data transaksi dengan ketentuan 2 atau 3 jenis item dalam 1 transaksi. Dalam pencarian frequent itemsets ditentukan nilai support minimum 20% dan nilai minimum confidence 10%. Metode pengujian yang digunakan adalah Chi-Square untuk mengetahui seberapa besar hubungan antar variabel dari hasil frequent itemsets yang sudah dihitung. Berdasarkan penentuan pola pembelian konsumen dengan menggunakan algoritma FP-Growth diperoleh hasil (m 61664 no). Sedangkan hasil pengujian korelasi antar variabel dengan Chi-Square diperoleh hasil 19.1397274913. Maka dapat disimpulkan bahwa apabila konsumen membeli jenis kain Semi sutra Lusi Abu Pakan biru Bunga maka kemungkinan akan membeli produk dengan jenis kain Sarung Lusi hitam Pakan hijau Lurik dan jenis kain Katun Lusi kuning Pakan tosca Bambu .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General) > TIN Software Engineering
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48068

Actions (login required)

View Item View Item