Alat monitoring detak jantung dengan sistem IoT berbasis Wemos D1 ESP8266 / Mohamad Dana Maulana - Repositori Universitas Negeri Malang

Alat monitoring detak jantung dengan sistem IoT berbasis Wemos D1 ESP8266 / Mohamad Dana Maulana

Maulana, Mohamad Dana (2018) Alat monitoring detak jantung dengan sistem IoT berbasis Wemos D1 ESP8266 / Mohamad Dana Maulana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Maulana Mohamad Dana. 2018. Alat Monitoring Detak Jantung dengan Sistem IoT Berbasis Wemos D1 ESP8266. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr.Eng Mokh. Sholihul Hadi S.T. M.Eng. (2) Ilham Ari Elbaith Zaeni S.T. M.T. Ph.D. Kata kunci Android Pulse Sensor Monitoring Detak Jantung ESP8266 OLED Menjaga kesehatan merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Setiap orang harus tahu atau sadar dengan kesehatan tubuh mereka terutama untuk penyakit jantung. Jantung merupakan organ tubuh manusia yang memiliki fungsi vital. Gangguan pada organ jantung dapat berpengaruh besar pada kinerja tubuh kita. Detak jantung atau yang dikenal sebagai beats per minutes (bpm) merupakan parameter untuk menunjukkan kondisi jantung dan cara untuk mengetahui kondisi jantung ialah dengan mengetahui frekuensi detak jantung. Penyakit jantung terkadang hanya bisa dideteksi saat sudah mengalami gejalanya salah satunya seperti detak jantung tak beraturan. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun alat pengukur detak jantung dengan mendeteksi frekuensi aliran darah pada detak jantung dan hasil pengukurannya dapat dikirimkan ke perangkat komunikasi melalui koneksi WiFi. Alat monitor detak jantung yang telah dibuat tersusun atas blok sensor blok pengkondisi sinyal dan blok komunikasi menggunakan Wemos D1 ESP8266. Pengujian alat akan dilakukan dengan pengukuran jumlah detak jantung kepada 10 responden. Responden akan dipasangkan dengan pulse sensor kemudian pulse sensor akan mendeteksi detak jantung pada manusia dan kemudian data itu diproses oleh Wemos D1 ESP8266. Ketika proses perhitungan detak jantung telah selesai data kemudian ditampilkan pada OLED. Setelah itu dikomunikasikan secara serial dan dikirimkan melalui Wemos D1 ESP8266 menuju Smartphone. Setelah dilakukan pengujian tingkat keberhasilan sistem adalah 98.17%. Pengujian dilakukan dengan dua cara yaitu pengujian saat responden dalam keadaan normal dan pengujian saat responden dalam kondisi setelah beraktifitas. Pengujian saat responden dalam keadaan normal mengalami error 0.71% dengan nilai error tertinggi sebesar 1.33% dan terendah 0% sedangkan pengujian saat responden dalam kondisi setelah beraktifitas mengalami error 1.12% dengan nilai error tertinggi sebesar 2.5% dan terendah 0%. Pengiriman data dapat dilakukan dengan lancar pada jarak maksimal 30 meter.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47999

Actions (login required)

View Item View Item