Hubungan antara iklim kelas dan perhatian orangtua terhadap hasil belajar siswa kelas X Departemen Elektro SMKN 1 Blitar / Farhana Vidya Sunanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara iklim kelas dan perhatian orangtua terhadap hasil belajar siswa kelas X Departemen Elektro SMKN 1 Blitar / Farhana Vidya Sunanto

Sunanto, Farhana Vidya (2018) Hubungan antara iklim kelas dan perhatian orangtua terhadap hasil belajar siswa kelas X Departemen Elektro SMKN 1 Blitar / Farhana Vidya Sunanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sunanto Farhana Vidya. 2017. Hubungan Antara Iklim Kelas Dan Perhatian Orangtua Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Departemen Elektro SMKN 1 Blitar. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Fakltas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Tri Atmadji Sutikno. M.Pd (2) Yuni Rahmawati S.T. M.T. Kata Kunci Hubungan Iklim Kelas Perhatian Orangtua Hasil Belajar Hasil belajar siswa dapat dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan eksternal dalam penelitian ini variabel yang berhubungan dengan hasil belajar (Y) siswa yang akan diteliti adalah faktor eksternal yaitu iklim kelas (X1) dan perhatian orangtua (X2). Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas X Departemen Elektro SMKN 1 Blitar tahun 2016/2017 terhadap hasil belajar mereka pada mata pelajaran Elektronika Dasar. Alasan dilakukan penelitian ini dilatar belakangi oleh seringnya terjadi pelanggaran saat pembelajaran berlangsung sehingga harus melibatkan orangtua untuk menyelesaikan masalah di sekolah dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Elektronika Dasar hanya mencapai nilai rata-rata kriteria ketuntasan minimal (KKM). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa tinggi hubungan antara iklim kelas dan perhatian yang diberikan orangtua kepada putra putri mereka terhadap ketercapaian hasil belajar siswa kelas X di Departemen Elektro SMKN 1 Blitar tahun 2016/2017. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif. Dianalisis dengan analisis statistik deskriptif dengan teknik prosentase korelasi dan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS for Windows. Populasi penelitian ini berjumlah 143 dengan jumlah sampel yang didapat sebanyak 107 siswa yang diambil secara acak. Metode pengambilan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara iklim kelas terhadap hasil sebesar 23% sedangkan hubungan antara perhatian orangtua terhadap hasil belajar sebesar 20%. Sehingga sumbangan efektif variabel iklim kelas dan perhatian orangtua terhadap hasil belajar siswa kelas X Departemen Elektro SMKN 1 Blitar sebesar 43%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklim kelas dan perhatian orangtua memiliki hubungan yang positif dan signifikan secara parsial maupun simultan terhadap hasil belajar siswa kelas X Departemen Elektro SMKN 1 Blitar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47991

Actions (login required)

View Item View Item