Mukti, Gigih Candra (2017) Penerapan problem based learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran instalasi kendali elektromagnetik di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Malang / Gigih Candra Mukti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Candra Gigih. 2017. Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Instalasi Kendali Elektromaknetik Di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Skripsi S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Drs. Dwi Prihanto S.ST. M.Pd. (2) Dr. H. Hakkun Elmunsyah S. T. M. T. Kata Kunci Problem based learning aktivitas belajar dan hasil belajar Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dengan model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran instalasi kendali elektromaknetik di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus dan model PTK yang digunakan mengacu pada model Kemmis Taggart. Latar belakang penelitian ini yaitu pembelajaran masih mengacu pada guru sehinga kebanyakan siswa hanya mendengarkan saja dan kurang aktif dalam proses belajar hal itu juga berpengaruh pada hasil belajarnya dari observasi yang dilakukan masih 48% siswa yang memenuhi KKM. Analisis data dilakukan dengan perbandingan antara hasil tes pada siklus 1 siklus 2 dan siklus 3 dengan teknik deskriptif. Artinya dari data yang diperoleh dalam penelitian ini disajikan apa adanya kemudian dianalisis secara deskriptif untuk mendapatkan gambaran mengenai fakta yang ada dan mendiskripsikanya. Sedangkan untuk mengukur prestasi belajar siswa menggunakan sistem rata-rata kelas pada hasil evaluasi tiap siklus. Penerapan Model PBL pada siswa kelas XI Listrik di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam mempelajari dan menguasai mata pelajaran instalasi motor listrik. Dampak ini terlihat dari rata-rata semua indikator aktivitas belajar siswa yang terus meningkat dari siklus I sampai siklus III yaitu 72.97% 79.72 dan 85.76%. Penerapan Model PBL pada siswa kelas XI Listrik SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan pada hasil belajar ranah pengetahuan dengan adanya kenaikan jumlah siswa yang tuntas diatas KKM dari siklus I sampai siklus III. Selain itu skor yang diperoleh siswa dari posstest setiap siklusnya mengalami kenaikan yaitu 53.49% pada siklus I 79.10% pada siklus II dan 100% pada siklus III. Hasil belajar ranah sikap juga meningkat pada setiap siklus yaitu pada siklus I sebesar 72.96% pada siklus II sebesar 79.38% dan pada siklus III sebesar 88.95%. Hasil belajar ranah keterampilan dibuktikan dengan meningkatnya skor yang diperoleh pada setiap indikator pada siklus I sebesar 70.15% pada siklus II sebesar 77.71% dan pada siklus III sebesar 87.59%. ABSTRACT Candra Gigih. 2017. Implementation of Problem Based Learning to Increase Activity and Learning Outcomes in the Subject of Electromagnetic Control Installation At SMK Muhammadyah 7 Gondanglegi. Sarjana s Thesis S1 Education Electrical Engineering Department of Electrical Engineering Faculty of Engineering State University of Malang Advisors (1) Drs. Dwi Prihanto S.ST. M.Pd. (2) Dr. H. Hakkun Elmunsyah S. T. M. T. Key Words Problem Based Learning learning activity learning outcomes. This research aims to increasing activity and learning outcomes with problem-based learning model on the subjects of electromagnetic control installation at SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. This research is a classroom action research carried out in three cycles. And the used PTK model refers to the Kemmis Taggart model. The background of this study is that learning is still referring to the teacher so most students just listen and less active in the learning process it also affects the learning outcomes from the observations made 48% of students who meet the KKM. Data analysis was done by comparison between test result on cycle 1 cycle 2 and cycle 3 with descriptive technique. This means that from the data obtained in this research are presented as is analyzed descriptively to get a picture of the facts and to describe them. Meanwhile to measure student achievement using the average grade system on the evaluation results of each cycle. The application of PBL Model to XI Electrical class students in SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi can improve students learning activity in studying and mastering electric motor installation subjects. This impact is seen from the average of all indicators of student learning activities that continue to increase from cycle I to cycle III that is 72.97% 79.72 and 85.76%. Application of PBL model in class IX students of SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Electricity can improve student learning outcomes. This is evidenced in knowledge learning outcomes with the increase in the number of students who completed above the KKM from cycle I to cycle III. In addition the scores obtained by students from posstest each cycle increased by 53.49% in cycle I 79.10% in cycle II and 100% in cycle III. The result of learning of attitude aspect also increase at every cycle that is in cycle I is 72 96% in cycle II is 79.38% and in cycle III is 88.95%. The result of learning of skill domain is proved by increasing score obtained on each indicator in the first cycle of 70.15% on the second cycle of 77.71% and in the third cycle of 87.59%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Elektro |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Sep 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/47988 |
Actions (login required)
View Item |