Sobri, Fuad Syamrothul (2016) Pengembangan modul instalasi penerangan rumah untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas XI Listrik di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi / Fuad Syamrothul Sobri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sobri Fuad S. 2016. PengembanganModulInstalasiPeneranganRumahUntukMeningkatkanPemahamanSiswaKelas Xi Listrikdi SmkMuhammadiyah 7 Gondanglegi. Skripsi. S1 PendidikanTeknikElektroJurusanTeknikElektroUniversitasNegeri Malang Pembimbing (1) Ahmad Fahmi S.T. M.T. (2) Drs. HariPutranto. Kata Kunci pengembangan modulinstalasi penerangan. Berdasarkanhasilobservasidanwawancaraditemukanbahwa buku yang digunakanuntukmengajarmatapelajaranInstalasiPeneranganoleh guru berupabukupaket yang didapatdari VEDC danKementerianPendidikandanKebudayaanRepublik Indonesia 2013 yang dipinjamdariperpustakaansekolah.Kegiatanbelajarmengajarberjalandengankondusifnamunterdapatbeberapasiswa yang tidakfokusmendengarkanpenjelasan guru.Hal iniberdampakpadapenguasaandanpemahamansiswakurang optimaldikarenakanpengetahuan yang didapatkanmasihbersumberdari guru sehinggareferensi yang dibutuhkanuntukmenunjangmatapelajaranInstalasiPenerangansangatberpengaruhpada proses pembelajaran.Penelitian yang berjudul PengembanganModulInstalasiPeneranganRumahpada Program StudiKeahlianTeknikInstalasi PemanfaatanTenagaListrik di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi bertujuanuntukmenghasilkanprodukbahan ajar berupamodul yang dapatmembantu guru dansiswadalammempelajarimateriInstalasiPenerangan. Model pengembangan yang digunakanadalahpengembanganBorg Gall yang meliputi 10 tahap yaitu (1) analisis kebutuhan (2) perencanaan produk (3) pembuatan produk (4) uji coba awal (5) revisiproduk awal (6) ujicobakelompok kecil (7) revisiproduk (8) ujicobakelompok besar (9) revisiproduk dan (10) produk akhir. Hasildaripenelitianberupamodulpembelajaran yang telahdikembangkandandivalidasiolehvalidasiahlimateri 1 yang menyatakan86.00 % valid validasiahlimateri 2 yang menyatakan92.39 % valid validasiahli media menyatakan 97.00% valid ujicobakelompokkecilmenyatakan 84.50 % layakdigunakandanujicobakelompokbesarmenyatakan92.02 % layak. Berdasarkanpersentasetersebut makamodulInstalasiPeneranganRumahinilayakdandapatdigunakansebagaibahan ajar dalam proses pembelajaranpadamatapelajaranInstalasiPenerangandi SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Elektro |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Oct 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/47986 |
Actions (login required)
View Item |