Fikriati, Hikmatul Afifah (2016) Perbandingan hasil dan motivasi belajar mata pelajaran pemrograman dasar dengan model problem solving dan direct instruction kelas X RPL di SMKN 5 Malang / Hikmatul Afifah Fikriati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Fikriati Hikmatul Afifah. 2016. Perbandingan Hasil dan Motivasi Belajar Mata Pelajaran Pemrograman Dasar dengan Model Problem Solving dan Direct Instruction Kelas X RPL di SMKN 5 Malang. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Wahyu Sakti Gunawan Irianto M.Kom (2) Drs. Sujono M.T. Kata Kunci problem solving direct instruction hasil belajar motivasi belajar Guru memegang peranan penting dalam melakukan inovasi pembelajaran di kelas dengan senantiasa bersikap kreatif dan inovatif dalam menyajikan materi pembelajaran. Pemilihan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik tujuan pembelajaran yang ingin dicapai merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan pembelajaran. Tidak hanya itu motivasi belajar yang tinggi pada diri siswa juga merupakan salah satu faktor penting dalam tercapainya tujuan pembelajaran yang akan berdampak pada hasil belajar siswa. Model pembelajaran problem solving dan direct instruction dapat digunakan sebagai model pembelajaran pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil dan motivasi belajar Mata Pelajaran Pemrograman Dasar dengan model Problem Solving dan Direct Instruction Kelas X RPL di SMKN 5 Malang. Subyek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas X RPL 1 (32 siswa) sebagai kelas eksperimen 1 yang menerapkan model pembelajaran problem solving dan siswa kelas X RPL 2 (29 siswa) sebagai kelas eksperimen 2 yang menerapkan model pembelajaran direct instruction. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Design yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi experimental design dengan pola Nonequivalent Control Group Design. Hasil uji t yang dilakukan terhadap nilai posttest menunjukkan perbedaan hasil dan motivasi belajar yang signifikan antara kelas yang menerapkan model pembelajaran Problem Solving dengan kelas yang menerapkan model pembelajaran Direct Instruction. Hasil belajar siswa kelas eksperimen 1 lebih tinggi dibanding siswa kelas eksperimen 2 namun motivasi belajar siswa kelas eksperimen 1 lebih rendah dibanding siswa kelas eksperimen 2.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Elektro |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Jul 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/47983 |
Actions (login required)
View Item |