Anggara, Wisnu Hari (2015) Pengembangan buku ajar mata pelajaran teknik pemrograman untuk siswa kelas X Program Keahlian Teknik Elektronika di SMK Negeri 2 Singosari / Wisnu Hari Anggara. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Anggara Wisnu Hari. 2015. Pengembangan Buku Ajar Mata Pelajaran Teknik Pemrograman untuk Siswa kelas X Program Keahlian Teknik Elektronika di SMK Negeri 2 Singosari Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara M. Pd (2) Dyah Lestari S.T M.Eng Kata kunci Buku Ajar Teknik Pemrograman Visual Basic 12288 12288 12288 12288 Pada Kurikulum 2013 di Program Keahlian Teknik Elektronika terdapat mata pelajaran baru yaitu Teknik Pemrograman.. Berdasarkan hasil wawancara di SMK Negeri 2 Singosari terdapat permasalahan dalam pembelajaran Teknik Pemrograman yaitu (1) Perbedaan versi perangkat lunak antara buku ajar yang ada dengan sarana laptop membuat proses pembelajaran tidak efektif dan siswa kesulitan untuk belajar mandiri (2) Jobsheet yang disusun guru terlalu banyak dasar teori sehingga membuat tidak efektif dan tidak menarik bagi siswa. Aplikasi program dalam jobsheet yang disusun guru juga belum sesuai dengan bidang elektronika. Berdasarkan permasalahan yang ada maka dibutuhkan pengembangan buku ajar disertai jobsheet untuk menunjang proses pembelajaran mata pelajaran Teknik Pemrograman di SMK Negeri 2 Singosari. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Borg dan Gall yang dibatasi sampai langkah ketujuh. Hasil pengembangan digunakan dalam proses pembelajaran yang merupakan bagian dari langkah penelitian selanjutnya. Desk evaluation oleh ahli media dan ahli materi dilaksanakan pada tahap Develop Preliminary Form of Product. Uji coba pengguna kelompok kecil berjumlah 6 orang siswa dari kelas X Elektronika Industri. Uji coba pengguna kelompok besar berjumlah 30 siswa dari kelas X Elektronika Industri 1 pada tahap Main Field Testing. Produk yang dihasilkan dari pengembangan adalah buku ajar disertai jobsheet mata pelajaran Teknik Pemrograman untuk siswa kelas X di SMK Negeri 2 Singosari yang terdiri dari buku ajar pegangan guru dan siswa. Hasil desk evaluation ahli materi 1 sebesar 89 58% dan ahli materi 2 sebesar 87 5% yang berarti sangat layak. Hasil desk evaluation ahli media sebesar 75% yang berarti layak. Hasil uji coba pengguna kelompok kecil sebesar 84 85% dan kelompok besar sebesar 90 03% yang berarti buku ajar sangat layak. Buku ajar hasil pengembangan telah layak untuk digunakan guru dan siswa dalam proses pembelajaran dan belajar mandiri.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Elektro |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Apr 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/47971 |
Actions (login required)
View Item |