Masruroh, Anisatul (2015) Perbedaan hasil belajar model pembelajaran kooperatif tipe reverse jigsaw plus game dan model pembelajaran ceramah plus ditinjau dari segi motivasi belajar siswa pada bahasan karakteristik rangkaian RLC Jurusan Elektronika Industri di SMKN 2 Singosari / Anisatul Masruro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Masruroh Anisatul. 2015. Perbedaan Hasil Belajar Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Reverse Jigsaw Plus Game dan Model Pembelajaran Ceramah Plus Ditinjau dari Segi Motivasi Belajar Siswa pada Bahasan Karakteristik Rangkaian RLC Jurusan Elektronika Industri di SMKN 2 Singosari. Skripsi. S1 Pendidikan Teknik Elektro. Jurusan Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hakkun Elmunsyah M.T. Pembimbing (2) Drs. Fx. Budi Raharjo M.Pd. Kata Kunci Model Pembelajaran Reverse Jigsaw Ceramah Plus Motivasi Belajar 12288 12288 12288 12288 12288 Kurikulum 2013 menuntut siswa untuk mengembangkan diri pada kompetensi pengetahuan sikap dan keterampilan. Untuk membantu siswa dalam mengembangkan ketiga kompetensi tersebut maka guru harus mampu menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan karakter siswa materi dan tingkat motivasi belajar siswa. Salah satu model pembelajaran kooperatif yang dapat diterapkan dalam kurikulum 2013 adalah pengembangan dari model pembelajaran jigsaw yaitu reverse jigsaw dimana dalam model pembelajaran ini siswa dilatih untuk bersikap aktif dan bertanggung jawab. 12288 12288 12288 12288 12288 Rancangan penelitian ini adalah kuantitatif faktorial 2x2 dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMKN 2 Singosari kelas X Elektronika Industri (EI). Kelas X-EI-1 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan model pembelajaran ceramah plus dan kelas X-EI-2 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran reverse jigsaw. 12288 12288 12288 12288 12288 Hasil dan analisis penelitian ini menggunakan uji statistik yaitu uji ANOVA 2 Jalur dan uji t (dihitung menggunakan bantuan SPSS 16.0). Kesimpulan yang diperoleh menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan yang signifikan pada motivasi belajar siswa antara kelas eksperimen dan kontrol dengan nilai sig.2 tailed (0 011
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Elektro |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Apr 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/47970 |
Actions (login required)
View Item |