Perbedaan minat dan hasil belajar antara model pembelajaran TGT-problem posing dan metode ceramah pada mata pelajaran TIK siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lawang / Yosi Nur Kholisho - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan minat dan hasil belajar antara model pembelajaran TGT-problem posing dan metode ceramah pada mata pelajaran TIK siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lawang / Yosi Nur Kholisho

Kholisho, Yosi Nur (2012) Perbedaan minat dan hasil belajar antara model pembelajaran TGT-problem posing dan metode ceramah pada mata pelajaran TIK siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lawang / Yosi Nur Kholisho. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran Model TGL-Problem Posing Minat Belajar Hasil Belajar Siswa. Pendidikan memiliki peranan yang penting dalam kehidupan suatu bangsa salah satu faktor yang menentukan keberhasilan pembelajaran adalah metode belajar yang digunakan. Berdasarkan hasil obsevasi di SMA Negeri 1 Lawang diketahui bahwa metode yang digunakan kurang menarik perhatian siswa dan masih berpusat pada guru sehingga siswa cenderung pasif agar dapat meningkatkan keaktifan siswa maka perlu diterapkan metode belajar yang dapat meningkatkan hasil belajar. Oleh karena itu dalam penelitian ini diterapkan model pembelajaran TGT dipadukan dengan problem posing pada materi perangkat keras internet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan minat belajar siswa antara penerapan TGT-Problem Posing dengan metode ceramah. Pada penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen semu dengan pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lawang yang terdiri dari 2 kelas. Sampel yang digunakan pada penelitian ini digunakan dengan purposive sampling pada kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 5 sebagai kelas kontrol. Variabel bebas pada penelitian ini adalah metode pembelajaran yaitu TGTProblem Posing dan variabel terikat adalah hasil belajar dan minat belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran TGT-Problem Posing pada kelas pada kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata hasil belajar lebih tinggi di bandingkan dengan kelas kontrol 87.6 78.7. Terdapat perbedaan minat dan hasil belajar antara model pembelajaran TGTproblem posing dan metode ceramah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47966

Actions (login required)

View Item View Item