Saputra, Wahyu Bagus (2019) Hubungan tingkat literasi K3 dan sikap kerja terhadap prestasi kerja bengkel pada siswa Jurusan Teknik Elektronika Industri di SMK Kabupaten Malang / Wahyu Bagus Saputra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Bagus Wahyu Saputra. 2018. Hubungan Tingkat Literasi K3 dan Sikap Kerja terhadap Prestasi Kerja Bengkel pada Siswa Jurusan Teknik Elektronika Industri di SMK Kabupaten Malang. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Dwi Prihanto S.S.T. M.Pd. (II) Dr. Yuni Rahmawati S.T. M.T. Kata Kunci Literasi K3 Sikap Kerja Prestasi Kerja Bengkel. Definisi SMK menurut UU Sistem Pendidikan Nasional (SPN) 20 Tahun 2003 yaitu pendidikan kejuruan merupakan pendidikan tingkat menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama dibidang tertentu untuk bekerja dalam bidang tertentu. Pernyataan tersebut menunjukan banyaknya lulusan SMK yang akan bekerja di dunia industri sedangkan dalam memasuki dunia industri siswa dituntut untuk memiliki kompetensi keahlian kerja bengkel yang baik. Untuk melihat kompetensi siswa yang baik dapat dilihat dari prestasi kerja bengkel sehingga dibutuhkan prestasi kerja bengkel yang tinggi untuk bekal siswa memasuki dunia industri. Beberapa cara yang dapat meningkatkan prestasi kerja bengkel adalah literasi K3 dan sikap kerja. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan tingkat literasi K3 (X1) (2) mendesripsikan sikap kerja (X2) (3) mendeskripsikan tingkat prestasi kerja bengkel (Y) (4) mengetahui signifikansi hubungan antara tingkat literasi K3 (X1) dengan tingkat prestasi kerja bengkel (Y) (5) mengetahui signifikansi hubungan antara sikap kerja (X2) dengan prestasi kerja bengkel (Y) (6) mengetahui signifikansi hubungan secara simultan antara tingkat literasi K3 (X1) dan sikap kerja (X2) terhadap tingkat prestasi kerja bengkel (Y) pada siswa Jurusan Teknik Elektronika Industri di SMK Kabupaten Malang. Penelitian yang digunakan termasuk dalam jenis penelitian ex post facto karena data yang diperoleh adalah kejadian dan peristiwa yang dipermasalahkan pada masa lampau. Rancangan penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang bersifat deskripsif korelasional. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan Teknik Elektronika Industri di SMK Kabupaten Malang dengan jumlah 120 siswa. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik simple random sampling. Data yang diperoleh diuji dengan uji korelasi parsial dan uji hipotesis untuk mengungkap hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat baik secara parsial maupun simultan. Alat ukur variabel X1 mengunakan tes X2 menggunakan angket dan Y menggunakan dokumentasi nilai tes formatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu (1) tingkat literasi K3 (X1) dalam kategori sangat tinggi (2) sikap kerja (X2) dalam kategori tinggi (3) tingkat prestasi kerja bengkel (Y) dalam kategori tinggi (4) terdapat hubungan positif dan signifikan antara tingkat literasi K3 (X1) dengan tingkat prestasi kerja bengkel (Y) (5) terdapat hubungan positif dan signifikan antara sikap kerja (X2) dengan tingkat prestasi kerja bengkel (Y) dan (6) terdapat hubungan secara simultan antara tingkat literasi K3 (X1) dan sikap kerja (X2) terhadap tingkat prestasi kerja bengkel (Y). (7) sumbangan relatif (SR) X1 dan X2 sebesar 1 45% dan 98 55% (8) sumbangan efektif (SE) X1 dan X2 sebesar 1 39% dan 95 11%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jan 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/47952 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |