Jannah, Maya Maulida Nurmatul (2018) Hubungan ketersediaan sarana prasarana belajar di sekolah dan kemandirian belajar siswa dengan kompetensi keterampilan pada mata pelajaran produktif siswa Jurusan Teknik Otomasi Industri di SMK Negeri 1 Singosari / Maya Maulida Nurmatul Jannah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Jannah Maya Maulida Nurmatul. 2018. Hubungan Ketersediaan Sarana Prasarana Belajar di Sekolah dan Kemandirian Belajar Siswa dengan Kompetensi Keterampilan pada Mata Pelajaran Produktif Siswa Jurusan Teknik Otomasi Industri di SMK Negeri 1 Singosari. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. Muladi S.T. M.T. (II) Drs. Hari Putranto M.Pd. Kata Kunci Ketersediaan Sarana Prasarana Kemandirian Belajar Kompetensi Keterampilan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai salah satu lembaga pendidikan bertanggung jawab dalam membekali siswa untuk terjun di dunia kerja guna membuat masa depan yang lebih baik.SMK Negeri 1 Singosari dengan salah satu jurusannya yakni Teknik Otomasi Industri (TOI) pasti mendapatkan tanggung jawab yang sama dengan SMK yang lain. Untuk memenuhi tuntutan dunia kerja yang semakin meningkat perlu adanya peningkatan kompetensi keterampilan siswa dalam mata pelajaran produktif. Keterbatasan jumlah sarana yang bisa diadakan setiap tahun serta penurunan kemandirian belajar siswa menjadi latar belakang penulisan. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan ketersediaan sarana prasarana belajar (X1) kemandirian belajar (X2) dan kompetensi keterampilan siswa jurusan TOI di SMK Negeri 1 Singosari (Y) (2) mengetahui hubungan antara X1 dengan Y (3) mengetahui hubungan antara X2 dengan Y dan (4) mengetahui hubungan secara simultan antara X1 X2 dengan Y. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif expost facto dengan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Sampel dari penelitian ini adalah siswa jurusan TOI sejumlah 131 siswa tahun pelajaran 2017/2018. Teknik sampling yang digunakan simple random sampling. Data yang diperoleh diuji dengan uji korelasi parsial dan uji hipotesis untuk mengungkapkan hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat baik secara parsial maupun secara simultan. Untuk mengukur variabel X1 dan X2 menggunakan instrumen penilaian berupa angket variabel Y diukur dengan nilai. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi parsial dan regresi ganda analisis uji prasyarat dan analisis sumbangan efektif-relatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu (1) X1 X2 dan Y dalam kategori tinggi (2) terdapat hubungan signifikan antara X1 dan Y dengan nilai signifikansi 0 000 X2 dan Y dengan nilai signifikansi 0 000 X1 dan X2 secara simultan dengan Y dengan signifikansi 0 000.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Aug 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/47934 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |