Azka, Hifzhan Nandria (2017) Pengembangan bahan ajar dasar dan pengukuran listrik bermuatan peta konsep untuk siswa kelas X Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik semester I di SMK Islam Blitar / Hifzhan Nandria Azka. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Azka Hifzhan Nandria. 2016.PengembanganBahan Ajar Dasar dan Pengukuran Listrik Bermuatan Peta Konsep untuk Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik Semester 1 di SMK Islam Blitar. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Skripsi S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dr. HakkunElmunsyah S.T. M.T. (2) Drs. Dwi Prihanto S.S.T. M.Pd. Kata kunci Pengembangan Bahan Ajar DasardanPengukuranListrik Peta Konsep Autoplay Padakurikulum 2013 saatini bahan ajar sangatpenting demi mendukung proses pembelajaran dan memicu siswa agar mampu berpikir secara kritis. Namun kenyataannya siswa masih ketergantungan terhadap guru dikarenakankurangnyabahan ajar yang menunjang proses pembelajaran di sekolah.Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran Dasar dan Pengukuiran Listrik Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMKIslam Blitar diketahui bahwa pembelajaran selamaini hanya dilakukan dengan bahan ajar cetak yang hanya tersedia di sekolah sedangkan siswa SMK memerlukan bahan ajar yang sesuai untuk membantu lebih memahami dan lebih kepada praktikum.Selain itu kurangnyaminatbelajarsiswadan rasa bosandenganmetodepembelajaran yang kurangaktif. Untuk ituperluadanyabahan ajar autoplaybermuataan peta konsep yang jugauntukmengatasiketerbatasanbahan ajar. Pengembanganinibertujuanmembuatbahan ajar DasardanPengukuranListrik yang belumtersedia di SMK Islam Blitardanmengujikelayakanbahan ajar bagisiswakelas X smester 1. Pengembangan bahan ajar inimenggunakanmetode ADDIE yang terdiridari 5 tahap antara lain (1) Analyze (2) Design (3) Develop (4) Implementation (5) Evaluation. Populasipadapenelitianiniadalahkelas X-L1 TeknikInstalasi Tenaga Listrik semester ganjiltahunajaran 2016-2017 SMK Islam Blitar yang berjumlah 42 siswa. Sampelpadapenelitianiniyaitukelas X-L1 sebagaiujikelayakan. Hasil uji validasi bahan ajar autoplay oleh ahli 1 sebagai uji kelayakan media memperoleh persentase sebesar 92% yang dikategorikan saagat valid hasil uji validasi oleh ahli 2 sebagai uji kelayakan materi memperoleh persentase sebesar 87% yang dikategorikan saagat valid hasil uji coba kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 85% yang dikategorikan cukup valid dan hasil uji coba kelompok besar memperoleh persentase sebesar 85% yang dikategorikan cukup valid. Rata-rata hasil data keseluruhan yang diperoleh dari hasil validasi dan uji coba yaitu 87% sehingga bahan ajar secara keseluruhan dapat dinyatakan sangat valid dan sudah layak untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Dec 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/47875 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |