Konstribusi pembelajaran oleh asisten praktikum dan ketercukupan sarana terhadap motivasi serta dampak hasil praktikum mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro tahun akademik 2014 Universitas Negeri Malang / Kartika Wahyuning Tyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Konstribusi pembelajaran oleh asisten praktikum dan ketercukupan sarana terhadap motivasi serta dampak hasil praktikum mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro tahun akademik 2014 Universitas Negeri Malang / Kartika Wahyuning Tyas

Tyas, Kartika Wahyuning (2017) Konstribusi pembelajaran oleh asisten praktikum dan ketercukupan sarana terhadap motivasi serta dampak hasil praktikum mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro tahun akademik 2014 Universitas Negeri Malang / Kartika Wahyuning Tyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Tyas Kartika Wahyuning. 2017. Kontribusi Pembelajaran oleh Asisten Praktikum dan Ketercukupan Sarana Terhadap Motivasi serta Dampak Hasil Praktikum Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro Tahun Akademik 2014 Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Hakkun Elmunsyah S.T. M.T (II) Drs. Dwi Prihanto S.S.T. M.Pd. Kata kunci pembelajaran oleh asisten ketercukupan sarana motivasi praktikum hasil praktikum. Pembelajaran oleh asisten praktikum ketercukupan sarana serta motivasi memiliki kontribusi terhadap pencapaian tujuan pembelajaran. Pencapaian tujuan pembelajaran diukur melalui hasil belajar mahasiswa. Semakin banyak mahasiswa yang tidak tuntas dalam pembelajaran maka dapat disimpulkan bahwa tujuan pembelajarannya belum tercapai. Untuk itu perlu ditinjau faktor-faktor yang berkontribusi terhadap tujuan pembelajaran. Tujuan peneletian ini mengetahui kontribusi langsung (1) pembelajaran oleh asisten praktikum terhadap motivasi praktikum (2) ketercukupan sarana terhadap motivasi praktikum (3) pembelajaran oleh asisten praktikum terhadap hasil praktikum (4) ketercukupan sarana terhadap hasil praktikum (5) motivasi terhadap hasil praktikum serta kontribusi tidak langsung (6) pembelajaran oleh asisten praktikum terhadap hasil praktikum (7) ketercukupan sarana terhadap hasil praktikum. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif dengan metode analisis jalur. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan (1) kuisioner dan (b) dokumentasi. Data diperoleh dari populasi yaitu mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro angkatan tahun 2014. Teknik sampling yang digunakan adalah proportional random sampling dengan Rumus Slovin. Hasil penelitian mengungkap ada kontribusi langsung positif dan signifikan (1) pembelajaran oleh asisten praktikum terhadap motivasi praktikum dengan nilai kontribusi 7 7% (2) ketercukupan sarana terhadap motivasi praktikum dengan nilai kontribusi 13 7% (3) pembelajaran oleh asisten praktikum terhadap hasil praktikum dengan nilai kontribusi 13 1% (4) ketercukupan sarana terhadap hasil praktikum dengan nilai kontribusi 5 1% (5) motivasi praktikum terhadap hasil praktikum dengan nilai kontribusi 6 25% (6) kontribusi tidak langsung pembelajaran oleh asisten praktikum terhadap hasil praktikum dengan nilai koefisien jalur 0 07425 dan (7)kontribusi tidak langsung pembelajaran oleh asisten praktikum terhadap hasil praktikum dengan nilai koefisien jalur 0 09325. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat kontribusi positif dan signifikan (1) pembelajaran oleh asisten praktikum terhadap motivasi praktikum (2) ketercukupan sarana terhadap motivasi praktikum (3) pembelajaran oleh asisten praktikum terhadap hasil (4) ketercukupan sarana terhadap hasil praktikum (5) motivasi praktikum terhadap hasil praktikum (6) pembelajaran oleh asisten praktikum terhadap hasil praktikum melalui motivasi praktikum dan (7) ketercukupan sarana terhadap hasil praktikum melalui motivasi praktikum mahasiswa S1 PTE tahun akademik 2014 UM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47873

Actions (login required)

View Item View Item