Pengembangan bahan ajar dasar dan pengukuran listrik berbasis komik untuk menumbuhkan minat baca dan pemahaman siswa kelas X Paket Keahlian Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik di SMK / Haditya Dwi Nugraha - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar dasar dan pengukuran listrik berbasis komik untuk menumbuhkan minat baca dan pemahaman siswa kelas X Paket Keahlian Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik di SMK / Haditya Dwi Nugraha

Nugraha, Haditya Dwi (2017) Pengembangan bahan ajar dasar dan pengukuran listrik berbasis komik untuk menumbuhkan minat baca dan pemahaman siswa kelas X Paket Keahlian Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik di SMK / Haditya Dwi Nugraha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nugraha Haditya. 2017.Pengembangan Bahan Ajar Dasar dan Pengukuran Listrik Berbasis Komik untuk Menumbuhkan Minat Baca Dan Pemahaman Siswa Kelas X Paket Keahlian Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik Di SMK. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Setiadi C.P. M.Pd. M.T. (II) Dyah Lestari S.T. M.Eng. Kata Kunci Pengembangan Bahan Ajar Komik Dasar dan Pengukuran Listrik Kurang optimalnya proses komunikasi dua arah antara guru dan siswa diantaranya disebabkan oleh kurang menariknya bahan ajar yang tersedia dan kurangnya kreatifitas guru dalam mengembangkan bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik siswa. Diketahui bahwa karakteristik siswa kelas X paket keahlian Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik di SMK Negeri 6 Malang kebanyakan lebih menyukai membaca komik dibandingkan dengan buku pelajaran yang masih berbentuk buku teks. Oleh karena itu pengembangan bahan ajar Dasar dan Pengukuran Listrik berbasis komik sangat dibutuhkan untuk membantu proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini meliputi merancang menghasilkan menguji kelayakan bahan ajar Dasar dan Pengukuran Listrik berbasis komik serta untuk mengetahui tingkat minat baca dan pemahaman siswa. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mengggunakan model pengembangan media pembelajaran Sadiman yang terdiri dari 8 (delapan) langkah yaitu (1) identifikasi kebutuhan (2) perumusan tujuan (3) perumusan butir-butir materi (4) perumusan alat pengukur keberhasilan (5) penulisan naskah media (6) tes/uji coba (7) revisi dan (8) naskah siap produksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas X paket keahlian Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik (TIPTL) di SMK Negeri 6 Malang. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data didapatkan nilai validasi dari ahli materi I dan ahli materi II sebesar sebesar 91% dan 95% hasil validasi oleh ahli media sebesar 91 67% serta hasil uji coba awal dan akhir sebesar 89 56% dan 91 67% yang semuanya masuk dalam kriteria sangat layak. Diperoleh persentase minat baca siswa sebesar 47 6% masuk dalam kategori tinggi 42 8% masuk dalam kategori sedang dan 7 9% kategori rendah. Sedangkan dari hasil uji pemahaman 42 siswa mendapat nilai di atas KKM dan 21 siswa mendapatkan nilai di bawah KKM. Sehingga dapat disimpulkam bahwa bahan ajar yang telah dikembangkan berupa komik pembelajaran dapat menumbuhkan minat baca dan pemahaman siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47864

Actions (login required)

View Item View Item