Setiawan, Bayu (2017) Pengembangan bahan ajar teknik elektronika dasar berbasis discovery learning untuk siswa kelas X semester 2 di SMK / Bayu Setiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Setiawan Bayu. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Teknik Elektronika Dasar Berbasis Discovery Learning untuk siswa Kelas X Semester 2 di SMK. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dyah Lestari ST. M.Eng. (II) Drs. Suwasono MT. Kata Kunci Bahan Ajar Teknik Elektronika Dasar Discovery Learning. Bahan ajar merupakan segala bahan (baik informasi alat maupun teks) yang disusun secara sistematis dan menampilkan sosok utuh dari kompetensi yang akan dikuasai peserta didik dan digunakan dalam proses pembelajaran dengan tujuan perencanaan dan penelaahan implementasi pembelajaran. Dari hasil observasi di SMK Negeri 1 Purwosari terdapat rmasalah dalam kegiatan pembelajaran yaitu (1) Belum tersedianya bahan ajar yang sesuai dengan Kurikulum 2013 (2) Metode pembelajaran belum menggunakan student oriented. Pemecahan masalah yang dilakukan untuk siswa SMK Negeri 1 Purwosari adalah mengembangkan bahan ajar yakni buku ajar dengan metode Discovery Learning dan Jobsheet yang mengacu pada Kurikulum 2013. Produk yang dihasilkan dari pengembangan ini adalah bahan ajar berupa buku yang dikembangkan melalui model pengembangan Sadiman dengan 8 langkah yaitu 1) Identifikasi kebutuhan 2) Perumusan tujuan 3) Perumusan butir-butir materi 4) perumusan alat pengukur keberhasilan 5) Penyusunan bahan ajar 6) Melakukan uji coba 7) revisi dan 8) Bahan ajar siap diproduksi. Berdasarkan hasil uji coba satu lawan satu didapatkan bahwa uji coba validasi oleh ahli materi untuk buku ajar memperoleh persentase sebesar 85 86% dan Jobsheet dengan persentase sebesar 87 85 % validasi oleh ahli media untuk buku ajar dengan persentase sebesar 97 72% dan Jobsheet dengan persentase sebesar 97 77%. Pada uji coba kelompok kecil untuk buku ajar memperoleh persentase sebesar 88 25 % dan Jobsheet dengan persentase 87 27 %. Pada uji coba lapangan untuk buku ajar memperoleh persentase sebesar 88 16 % dan Jobsheet dengan persentase sebesar 86 36 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar ini layak untuk digunakan sebagai bahan pembelajaran. 8195 ABSTRACK Setiawan Bayu. 2017. Development of Basic Electronics Enginering Teaching Material Based on Discovery Learning for Grade X 2nd Semester Students at Vocational High School. Thesis Study Program of Electrical Education Department of Electrical Engineering Faculty of Engineering Universitas Negeri Malang. Supervisor (I) Dyah Lestari S.T. M.Eng. (II) Drs. Suwasono M.T. Keywords Teaching Material Based Electronic Enginering Discovery Learning. Teaching material are all materials (both of information instrument as well as text) which are arranged systematically and displayed complete figureof competence that will be mastered by learners and used in learning process with learning objective and review of learning implementation. From the observation at Vocation High School 1 Purwosari there are problems in learning activities (1) Unavailability of teaching materials in accordance with 2013 Curriculum and (2) Learning method to not using student oriented yet. Problem solved done by Vocation High School 1 Purwosari for the students is developing textbook teaching materials based on Discovery Learning method and Jobsheet which refers to 2013 Curriculum. Products that produced of this development is teaching materials which developed with development model of Sadiman with 8 steps namely 1) Identification of needs 2) Formulation of objectives 3) Formulation of material 4)Formulation of measuring tools 5)Preparation of teaching materials 6) Do the experiment 7)Revisions and 8) Teaching materials ready for produced. Based on result of one to onetest it was found that validation by the material expert for textbook got percentage of 85 86% and for Jobsheet got percentage of 87 85%. Validation by media expert for textbook got percentage of 97 72% and Jobsheet get percentage for 97 77%. In small group experiment for textbook got percentage of 88 25% and jobsheet 87 27%. In field experiment for textbook got percentage of 88 16% and jobsheet got percentage of 86 36%. It can be concluded that the Teaching Material of Basic Electronics Enginering is feasible to be used as a learning material.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Sep 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/47852 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |