Sunardi, Dani (2017) Pengembangan media pembelajaran trainer beserta modul berbasis problem solving untuk aplikasi dioda pada mata pelajaran Teknik Elektroda Dasar kelas X Program Keahlian Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 1 Kepanjen / Dani Sunardi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sunardi Dani. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Trainer Beserta Modul Berbasis Problem Solving Untuk Aplikasi Dioda Pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Kelas X Program Keahlian Teknik Elektronika Industri Di Smk Negeri 1 Kepanjen. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Suwasono M.T (2) I Made Wirawan S.T S.ST M.T. Kata Kunci Pengembangan Media Pembelajaran Dioda Problem Solving. Media pembelajaran adalah segala sesuatu atau alat-alat fisik yang digunakan untuk menyampaikan isi materi atau menyalurkan pesan pengajaran dan dapat meragsang pemikiran siswa. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran Teknik Elektronika Dasar di SMK Negeri 1 Kepanjen terdapat beberapa masalah dalam pembelajaran yaitu 1) bahan ajar pada mata pelajaran Teknik Elektronika Dasar khususnya untuk materi dioda belum tersedia 2) media pembelajaran trainer sudah tersedia akan tetapi masih kurang terstruktur dan tidak dibuat perbagian blok sesuai dengan kompetensi dasar pada mata pelajaran Teknik Elektronika Dasar. Solusi dari permasalahan yang sedang dihadapi pada SMK Negeri 1 Kepanjen adalah mengembangkan media pembelajaran trainer beserta modul ajar dengan model pembelajaran problem solving dan jobsheet yang mengacu pada Kurikulum 2013 revisi. Produk yang dihasilkan dari pengembangan ini adalah media pembelajaran trainer modul ajar dan jobsheet Dioda kelas X program keahlian Teknik Elektronika Industri sesuai dengan silabus Kurikulum 2013. Penelitian pengembangan Media pembelajaran ini menggunakan prosedur penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu (1) Analyze (2) Design (3) Development (4) Implementation (5) Evaluation. Berdasarkan hasil uji validasi oleh ahli materi untuk modul ajar dengan persentase sebesar 94 14% trainer dan jobsheet dengan persentase sebesar 94 45% validasi oleh ahli media untuk modul ajar dengan persentase sebesar 97 22% trainer dan jobsheet dengan persentase sebesar 98 03% pada uji coba produk untuk trainer dengan persentase sebesar 92 81 % modul ajar dengan persentase 91 92 % jobsheet dengan persentase 92 22 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran ini valid dan layak untuk digunakan sebagai bahan pembelajaran. 8195 ABSTRACT Sunardi Dani. 2017. Developing Trainer and Problem Solving Based Module as Learning Media of Diode Application for Basic Electronic Grade X Industrial Electronic Program at SMK Negeri 1 Kepanjen. Thesis Study Program of Electrical Education Department of Electrical Engineering Faculty of Engineering Universitas Negeri Malang. Supervisor (I) Drs. Suwasono M.T. (II) I Made Wirawan S.T S.ST M.T. Keywords Development Learning Media Diode Problem Solving. Learning media is anything or physical tools used to convey material content or distribute teaching messages and can stimulate students thinking. The result of the observation and interview with teacher of Basic Electronic subjects in SMKN 1 Kepanjen there are some problems in learning 1) teaching materials for Basic Electronics subjects especially for diode material not yet available 2) learning media trainer is available but still less structured and not made part of the blocks in accordance with basic competencies in Basic Electronics subjects. The solution from the problem which being faced in SMKN 1 Kepanjen was develop the learning media trainer and teaching module with problem solving learning model and jobsheet which refers to the 2013 Curriculum revised. The product of this development were trainer teaching module and jobheet Diode as learning media for grade X of Industrial Electronics skill program which used 2013 Curriculum syllabus. This learning media develop by development research procedure of ADDIE consist of 5 phase 1) Analyze (2) Design (3) Development (4) Implementation (5) Evaluation. The result of validation test to the material expert for teaching modul was percentage by 98 86% trainer and jobsheet was percentage by 94.45%. The result of validation by the material expert for teaching module percentage by 97.22% trainer and jobsheet was percentage by 98 03%. The result of product test for trainer was percentage by 92.81% teaching module was percentage by 91.92% and jobsheet was percentage by 92 22%. It can be concluded that the learning Media development is worth to use as learning material.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Sep 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/47850 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |