Hubungan perilaku praktikum dan relevansi tempat PRAKERIN dengan kesiapan kerja pada Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK se-kabupaten Tulungagung / Frengky Irdian Firazza - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan perilaku praktikum dan relevansi tempat PRAKERIN dengan kesiapan kerja pada Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK se-kabupaten Tulungagung / Frengky Irdian Firazza

Firazza, Frengky Irdian (2017) Hubungan perilaku praktikum dan relevansi tempat PRAKERIN dengan kesiapan kerja pada Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK se-kabupaten Tulungagung / Frengky Irdian Firazza. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Firazza Frengky Irdian. 2017. Hubungan Perilaku Praktikum dan Relevansi Tempat Prakerin dengan Kesiapan Kerja pada Program Keahlian Teknik Istalasi Tenaga Listrik Di SMK se-Kabupaten Tulungagung. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Setiadi C.P M. Pd. MT (II) Yuni Rahmawati S.T. M.T. Kata Kunci Perilaku Praktikum Relevansi Tempat Prakerin Kesiapan Kerja Tujuan dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah mencetak lulusan yang siap bekerja terampil. Perilaku Praktikum menggambarkan adanya tindakan yang nantinya kebiasaan perilaku tersebut akan diimplementasikan secara langsung pada dunia kerja. Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) merupakan fasilitas sekolah yang membantu peserta didik untuk menambah wawasan dan pengalaman pada dunia kerja. Tujuan penelitian ini untuk (1) mengetahui kesiapan kerja siswa program keahlian TITL di SMK (2) mengetahui tingkat perilaku praktikum pada siswa program keahlian TITL di SMK (3) mengetahui tingkat relevansi tempat prakerin pada siswa program keahlian TITL SMK (4) mengetahui signifikansi hubungan antara (X1) dengan Y pada program keahlian TITL (5) mengetahui signifikansi hubungan antara X2 dengan (Y) pada program keahlian TITL dan (6) mengetahui signifikansi hubungan secara simultan antara (X1) dan (X2) dengan (Y) pada program keahlian TITL di SMK se- Kabupaten Tulungagung. Penelitian kuantitatif dengan rancangan deskriptif korelasional menggunakan metode Ex Post Facto. Responden penelitian siswa SMK kelas XI Jurusan TITL di Kabupaten Tulungagung. Pengumpulan data masing-masing variabel menggunakan kuesioner. Nilai reliabilitas kuesioner variabel X1 sebesar 0 737 variabel X2 sebesar 0 891 dan varibel Y sebesar 0 903. Untuk mengungkap hubungan X1 dengan Y dan hubungan X2 dengan Y menggunakan analisis korelasi parsial. Sedangkan untuk mengungkap hubungan X1 dan X2 secara simultan dengan Y menggunakan analisis regresi linear ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan positif dan signifikansi antara (X1) dan (Y) dengan koefisien korelasi rx1y 0 479 (2) terdapat hubungan positif dan signifikansi antara (X2) dan (Y) dengan koefisien korelasi rx2y 0 268 (3) terdapat hubungan positif dan signifikansi antara (X1) dan (X2) secara simultan dengan (Y) dengan nilai r 0 604 dan nilai F 39 362. Sumbangan efektif variabel (X1) 47 81% dan (X2) 52 19%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) terdapat hubungan positif dan signifikansi antara (X1) dengan (Y) (2) terdapat hubungan positif dan signifikansi antara (X2) dengan (Y) (3) terdapat hubungan positif dan signifikansi antara (X1) dan (X2) secara simultan dengan Y. ABSTRACT Firazza Frengky Irdian. 2017. Relationship of Practical Behavior and Relevance of Prakerin Site with Work Readiness in Electricity Engineering Expertise Program At SMK in Tulungagung Regency. Thesis. Study program Electrical Engineering Education Faculty of Engineering State University of Malang. Advisor (I) Drs. Setiadi C.P M. Pd. MT (II) Yuni Rahmawati S.T. M.T. Kata Kunci Practical Behavior Relevance Place Prakerin Readiness Work The purpose of Vocational High School (SMK) is to create graduates who are ready to work skillfully. Practical Behavior describes behaviors that are implemented directly in the world of work. Industrial Practice (PRAKERIN) is a school facility that helps students to gain insight and experience in the world of work. The objectives of this research are (1) to know the readiness of the TITL skill program students in SMK (2) to know the level of practice behavior in the students of TITL skill program in SMK (3) to know the relevance level of prakerin to the students of TITL SMK skill program ) Know the significance of the relationship between (X1) and Y in the TITL program of expertise (5) to know the significance of the relationship between X2 and (Y) on the TITL skill program and (6) to know the significance of the relationship simultaneously between (X1) and (X2) (Y) on the TITL skill program at SMK in Tulungagung District. Quantitative research with correlational descriptive design using Ex Post Facto method. Respondent of student research at SMK class XI Department of TITL in Tulungagung Regency. Data collection of each variable using questionnaire. Reliability value of questionnaire variable X1 of 0.737 variable X2 of 0.891 and variables Y of 0.903. To reveal the relationship of X1 with Y and the relationship X2 with Y using partial correlation analysis. While to reveal the relationship X1 and X2 simultaneously with Y using multiple linear regression analysis. The results showed that (1) there was a positive relationship and significance between (X1) and (Y) with correlation coefficient rx1y 0 479 (2) there is a positive relationship and significance between (X2) and (Y) with correlation coefficient rx2y 0 268 (3) there is a positive relationship and significance between (X1) and (X2) simultaneously with (Y) with value r 0 604 and value F 39 362. Effective contribution of variable (X1) 47 81% and (X2) 52 19%. The conclusions of this study are (1) there is a positive relationship and significance between (X1) with (Y) (2) there is a positive relationship and significance between (X2) and (Y) (3) there is a positive relationship and significance between (X1) and (X2) simultaneously with Y.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47830

Actions (login required)

View Item View Item