Irawan, Faris Dony (2017) Pengembangan bahan ajar perencanaan dan instalasi sistem audio dilengkapi PPT berbasis projek untuk siswa kelas XII semester 1 Program Keahlian Teknik Audio Video di SMK Negeri 1 Kediri / Faris Dony Irawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Irawan Faris Dony. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Perencanaan dan Instalasi Sistem Audio Dilengkapi PPT Berbasis Proyek Untuk Siswa SMK Kelas XII Semester I Program Keahlian Teknik Audio Video di SMK Negeri 1 Kediri. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Kata Kunci Bahan Ajar Instalasi Sistem Audio PPT. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan bahan ajar Perencanaan dan Instalasi Sistem Audio sebagai sumber belajar berbasis projek bagi siswa SMK kelas XII semester I program keahlian Teknik Audio Video pada mata pelajaran Perencanaan dan Instalasi Sistem Audio. Belum ada dan kurang menariknya bahan ajar pada mata pelajaran tersebut membuat peserta didik kurang terampil dan mandiri dalam pengerjaan tugas projek dalam praktikum dan tugas individu. Mata pelajaran Perencanaan dan Instalasi Sistem Audio merupakan salah satu mata pelajaran wajib bagi peserta didik kelas XII semester I program keahlian Teknik Audio Video di SMK. Metode pengembangan bahan ajar yang akan dilakukan adalah menggunakan model pengembangan dick and carry. Model ini adalah model prosedural dengan tahapan (a) mengidentifikasi tujuan umum pembelajaran (b) melaksanakan analisi pembelajaran (c) mengidentifikasi karakteristik dan tingkah laku masukan (d) merumuskan tujuan pembelajaran khusus (e) menggabungkan instrument penilaian (f) mengembangkan strategi pembelajaran (g) mengembangkan dan memilih bahan ajar (h) mengembangkan dan melaksanakan evaluasi formatif (i) merevisi bahan pembelajaran (j) mendesain dan melaksanakan evaluasi sumatif. Model ini menunjukkan langkah yang jelas dan tidak terputus antara langkah satu dengan yang lainnya. Bahan ajar yang dikembangkan berupa buku siswa dilengkapi PPT dan buku guru. Kelayakan bahan ajar diketahui berdasarkan angket. Hasil angket uji perseorangan yang telah dilakukan oleh ahli satu mendapatkan skor 82 23% dan ahli dua mendapatkan skor 91 27% hasil angket siswa pada uji kelompok kecil mendapatkan skor 83 00% dan hasil angket siswa pada uji lapangan mendapatkan skor 84 41%. Berdasarkan skor tersebut bahan ajar dapat dinyatakan valid dan layak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Aug 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/47829 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |